28.9 C
Jakarta

Apel Akbar dan Pelantikan Kwarda HW Binjai

Baca Juga:

Kakwarwil HW Sumut, Nurdin Mislan saat memberikan sambutan.

BINJAI, MENARA62.COM — Sabtu, 26 Agustus 2017 bertempat di lapangan komplek Gedung Dakwah Muhammadiyah Binjai dilaksanakan apel akbar dan pelantikan kwarda HW Binjai. Acara dihadiri oleh Kwarwil HW Sumatera Utara, ramanda Nurdin Mislan, ramanda Sugiran, ramanda Hari Hidayatullah Alvian dan kawan-kawan.

Dari kwarcab Pramuka Binjai diwakili kakak Abdullah Yus. Dari kodim 0203 Langkat, perwira seksi teritorial (pasiter) Kapten Infanteri Hendro mewakili kodim 0203 Langkat. Para kabilah sekota Binjai beserta ketua kabilahnya, organisasi otonom seperti PD PM, PD IPM, Kokam dan undangan lainnnya. Acara dipandu oleh Fadilah Juliandari, dilanjutkan dengan pembacaan Alquran oleh Adib Aushop sari tilawah bahasa Inggris M. Afizal Ramadhan dan sari tilawah bahasa Indonesia oleh Bella Vita Ardana. Upacara dipimpin oleh Bayu D’Cahyo. Bertindak selaku pembina acara, Drs. H. Hendra Jones, sekretaris PDM Binjai. Hendra Jones, selaku pembina upacara dalam arahannya menyampaikan bahwa keberadaan HW di Binjai adalah potensi yang perlu diapresiasi. Keberadaan HW juga sangat membantu amal usaha pendidikan yang ada.

Penandatanganan naskah serah terima

Kakwarda Binjai periode sebelumnya, ramanda Hairil Anwar dalam sambutannya menyampaikan beberapa capaian yang telah diperoleh kwarda HW Binjai. Antara lain melaksanakan pengkaderan Jaya Melati I yang dibarengi dengan kegiatan perkemahan silatbar (shilaturrahim akbar) yang diikuti oleh kabilah yang ada di kota Binjai termasuk beberapa kabilah dari luar Binjai dan dihadiri juga oleh Kakwarcab Pramuka Binjai, Timbas Tarigan yang juga wakil walikota Binjai.

Pengadaan drumband HW. Drumband HW Binjai sendiri sudah sangat dikenal. Bahkan diundang dalam pembukaan musyawarah wilayah Muhammadiyah Sumatera Utara dua tahun lalu di Kisaran. Untuk kota Binjai, setiap even yang melibatkan drumband, dipastikan drumband HW Binjai selalu ada. Pembukaan MTQ, peringatan 17 an tiap tahun dan momen lainnya. Pada akhir sambutannya, beliau mohon maaf selama 2 periode memimpin HW kota Binjai rasanya belum maksimal dalam beramal.

Sementara itu Ramanda Syamsul Masri, kakwarda HW Binjai terpilih periode 2016-2021 dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada kepengurusan yang lalu sekaligus berharap kerja sama tetap bisa berjalan. Demikian juga dengan PDM Binjai. Harapnya. Beliau juga berjanji akan melaksanakan kerjasama dengan berbagai fihak yang selama ini sudah menjadi mitra HW.

Ramanda Nurdin Mislan dari Kwarwil  dalam sambutannya mengucapkan selamat atas kemajuan capaian yang diperoleh kwarda HW Binjai. Kepada para kafilah yang terdiri dari para siswa sekolah muhammadiyah sekota Binjai minus ponpes modern muhammadiyah kwala madu, Ramanda Nurdin mislan menghimbau agar para anggota HW harus bangga, karena bapak TNI, Pangsar Soedirman adalah anggota HW. HW juga sudah menjadi mitra BNN (Badan Narkotika Nasional). “Jadi anggota HW bisa menjadi duta bagi teman temannya tentang bahayanya Narkoba,” tandasnya.

Ketua PDM Binjai, Drs. H. Yundiser

Sementara itu, ketua PDM Binjai Drs. H. Yundiser MPd dalam sambutannya mengingatkan para kepala kepala sekolah bahwa jangan ada dualisme di sekolah sekolah Muhammadiyah. Hizbul Wathan adalah Pramuka nya di lingkungan sekolah Muhammadiyah. Dengan dimasukkannya Pramuka dalam ekstra kurikuler di sekolah sekolah maka kedudukannya semakin strategis. Dari penelitian penelitian yang ada, kegiatan ekstra kurikuler Pramuka dalam hal ini HW sangat berpengaruh positif terhadap perkembangan karakter peserta didik dan fihak sekolah pun terbantu. Melalui Majelis Dikdasmen, PDM akan terus memperhatikan ini.

Abdullah Yus, mewakili Kwarcab Binjai di awal sambutannya mengatakan bahwa pakaian yang dipakainya berbeda tapi dalamnya sama. Karena beliau adalah aktifis muhammadiyah di rantingnya. Beliau juga berjanji akan selalu melibatkan kwarda HW Binjai dalam setiap kegiatan kepramukaan di Binjai.

 

Atraksi Drumband HW Binjai

Acara apel akbar diakhiri dengan hiburan drumband Tsanawiyah/Aliyah Aisyiyah Binjai asuhan Juriadi SAg, SPdI, MA dan Bukhari Amran dilanjutkan dengan demonstrasi drumband HW Binjai binaan TNI aktif Ramanda Ikhwanuddin yang mendapat aplaus luar biasanya dari yang hadir.

Acara apel akbar juga ditandai juga dengan serah terima kepengurusan dari yang lama ke yang baru. Penandatanganan naskah serah terima antara Hairil Anwar dan Syamsul Masri dilaksanakan di ruang pertemuan sekolah madrasah Tsanawiyah/Aliyah Aisyiyah dipandu oleh Suwardiyamsyah, dihadiri kwarwil HW sumatera utara, PDM Binjai, ketua majelis dikdasmen dan para ketua kabilah, diakhiri dengan ramah tamah.
(Fuad Binjai)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!