32.4 C
Jakarta

Arsitektur UMS Dampingi SD Muhammadiyah 1 Surakarta dalam Program ALiMM

Baca Juga:

SOLO, MENARA62.COM – Program Studi Arsitektur Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) dan Pusat Studi Arsitektur Islam UMS bekerjasama dengan Majelis Lingkungan Hidup (MLH) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menyelenggarakan Workshop Pilot Project Implementasi Audit Lingkungan Mandiri Muhammadiyah, Sabtu (10/9/2022) di SD Muhammadiyah 1 Surakarta.
Kegiatan ini merupakan tindak lanjut hasil kesepakatan dalam rapat antara MLH PP Muhammadiyah dengan LazisMu pada 12 Agustus 2022, untuk segera dilaksanakan Program Implementasi Audit Lingkungan Mandiri Muhammadiyah (ALiMM) di wilayah Yogyakarta dan Jawa Tengah.
Sehubungan dengan hal tersebut, sesuai surat MLH PP Muhammadiyah nomor 96/I.12/A/2022,  menunjuk SD Muhammadiyah 1 Ketelen Surakarta sebagai Pilot Project ALiMM.
Dr. Nur Rahmawati Syamsiyah selaku penanggung jawab kegiatan ini menyampaikan gambaran pelaksanaan kegiatan.
“ALiMM ini adalah Program MLH PP Muhammadiyah. Kegiatan audit lingkungan sebagai upaya menciptakan lingkungan yang sehat dan hijau atau ramah lingkungan pada bangunan-bangunan yang dimiliki Muhammadiyah,” paparnya.
Menurutnya, tujuan Pilot Project ini untuk melihat apakah instrumen yang sudah dibuat ini komunikatif dan mudah dipahami untuk dapat diterapkan.
“Audit akan dilakukan secara mandiri oleh sekolah dengan mengisi instrumen audit yang telah disediakan oleh Tim ALiMM, yang terdiri atas 7 komponen penilaian yaitu : konservasi energi; konservasi air; pengelolaan air limbah dan sampah; keselamatan; kenyamanan; kesehatan dan keandalan bangunan; pengelolaan tapak dan lingkungan; arsitektur Islam dan tata kelola bangunan ramah lingkungan,” ujar Dosen UMS itu.
Selanjutnya dijelaskan pula bahwa ALiMM ini diterapkan pada bangunan 1-3 lantai. Dan untuk saat ini baru diimplementasikan pada bangunan sekolah SD, SMP dan SMA Muhammadiyah. Secara bertahap akan diterapkan pada bangunan lainnya milik Muhammadiyah.
Kegiatan ini dihadiri oleh 21 guru, 3 perwakilan dari MLH dan 7 Panitia yaitu Tim ALiMM dari Prodi Arsitektur UMS. Hasil evaluasi dari kegiatan ini adalah bahwa masih diperlukan beberapa perbaikan minor, hanya perlu sedikit revisi sebelum dilaunching dalam lomba sekolah hijau.
“Program ALiMM merupakan salah satu yang diunggulkan untuk Muktamar 48 besok November. Insya Allah dalam waktu dekat akan ada lomba sekolah hijau dengan penilaian menggunakan instrumen ALiMM. Pemenang lomba akan diundang dan hadir dalam Muktamar nanti, Insyaa Allah,” pungkas Nur Rahmawati yang juga menjadi Kepala Program Studi Arsitektur UMS.
Hadir Kepala Sekolah Hj. Sri Sayekti, Ketua Pelaksana Program ALiMM Dr. Eng. Ir. Ahmad Sarwadi, Sekretaris Divisi Penyadaran, Pemberdayaan Masyarakat dan Advokasi MLH Heri Setiyawan M.Si, Penanggung Jawab Pilot Project Surakarta Dr Nur Rahmawati Syamsiyah, Fadhilia Tri Nugrahani MSc, Suharyani MT, dan Mahasiswa Pusat Studi Arsitektur Islam UMS dan Majelis MLH PP Muhammadiyah Alpha Fabela Priyatmono. (Fika)
- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!