31.3 C
Jakarta

Bakso Tahu, Oleh-oleh Khas Yogyakarta

Baca Juga:

Anda tentu kenal bakso tahu, salah satu panganan populer yang banyak dicari. Makanan ini, kini menjadi salah satu andalan baru untuk oleh-oleh khas Yogyakarta. Yang menarik, makanan bakso tahu ini diproduksi oleh Koperasi Pohutukawa Yogyakarta. Yang lebih menarik lagi, ini merupakan hasil dampingan dari Syafii Latuconsina, konsultan Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM) PP Muhammadiyah.

Lantas apa yang membedakan bakso tahu ini, dengan produksi lainnya. Menurut Syafii, bakso tahu ini, lebih sehat. ”Karena diproduksi dengan memikirkan kualitas bahan yang digunakan. Tetap mengutamakan kesehatan masyarakat. Dibuat tanpa pengawet, tanpa MSG, dan baksonya tanpa tepung,” ujar Syafii di Jakarta, Rabu (19/2/2020).

Untuk menikmati rasa khas bakso tahu ini, sajian dengan dikukus akan lebih mengeluarkan rasa yang menggoda. Meskipun, juga tetap enak kalau ada yang menginginkan digoreng. Bagi yang menyukai memakannya dengan saos sambal, ataupun dengan nasi, tentu bisa menggoyang lidah.

Dua tahun

Bakso tahu yang mulai diperkenalkan sejak dua tahun lalu ini, sekarang mulai tampak menggeliat. Dengan produksi awal hanya satu kilogram per hari, sekarang sudah mencapai 10-15 kg perhari.

bakso tahu
bakso tahu

”Kami sudah menemukan rumus standar produksi. Satu orang pekerja, perhari bisa memproduksi bakso 15 kg. Jadi, kalau ada pesanan dalam jumlah besar, kami juga bisa memenuhi pesanan tersebut,” ujar Farida Riyanti Zaenal, orang yang dipercaya mengelola produksi bakso tahu.

Tentu, dalam dua tahun ini, banyak yang sudah dilalui. Mereka pertama kali, memulai usaha dengan proses produksi tradisional. Mereka menggunakan peralatan sederhana, dan menumpang tempat produksi di rumah. Namun, saat ini, mereka sudah memiliki peralatan yang jauh lebih moderen dibandingkan sebelumnya, sehingga bisa memproduksi dalam jumlah jauh lebih banyak.

Kerja keras itupun, sudah mulai membuahkan hasil. Anda beminat menikmati bakso tahu atau ingin menjadi agen, bisa hubungi 081318700093, atau 081225331565, 085961185066, atau redaksi@menara62.com. Bisa dikirim ke seluruh Indonesia, atau bisa hubungi beberapa perwakilan kami di sejumlah daerah.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!