28.9 C
Jakarta

Bangun Jati Diri Pendidik, UMP Mantapkan Mahasiswa Calon Guru

Baca Juga:

 

PURWOKERTO, MENARA62.COM — Untuk membangun jati diri pendidik, Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) mantapkan mahasiswa calon guru dengan program magang sebagai bagian integral kurikulum. Magang UMP secara berjenjang dilaksanakan melalui Magang I, II dan III.

Setiap program magang dilaksanakan dengan waktu dan tujuan yang berbeda. Lain dari biasanya, kali ini mahasiswa semester tujuh telah usai melaksanakan Program Magang III dengan tujuan para peserta merasakan langsung proses pembelajaran dan memantapkan jati diri pendidik serta menjadi asisten guru selama satu bulan penuh.

Salah satu kelompok program magang tiga Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UMP telah melaksanakan penarikan mahasiswa di SMKN 1 Banyumas.

Dalam sambutannya Kepala sekolah SMKN 1 Banyumas Drs. Ruslan Haris R., M.Pd., memberikan apresiasi kepada seluruh mahasiswa dan mahasiswi magang pada kali ini. Pasalnya banyak kreasi yang baik. “Semoga magang ini bisa dijadikan pengalaman dan bekal kalian supaya bisa menjadi lebih baik dan jadi guru teladan yang bisa menjadi sosok yang diteladani para muridnya. SMK N 1 Banyumas sangat terkesan dan semoga setelah magang ini kalian menjadi guru yang kompeten di bidangnya masing-masing,” katanya

Lebih lanjut Ruslan Hasris berharap program magang bisa diperpanjang. “Apabila boleh saran sebenarnya kita ingin program magang jangan hanya satu bulan supaya lebih matang lagi prakteknya,” ujarnya.

Sementara itu, ketua magang tiga di SMK N 1 Banyumas Suryanto mengungkapkan, mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia mengucapkan terimakasih untuk SMK N Banyumas yang telah memberikan kesempatan untuk mengajar langsung selama satu bulan penuh. “Terimakasih untuk SMK N 1 Banyumas yang telah memberikan kami kesempatan mengajar, kepada teman-teman kelompok magang, yang telah solid dalam seluruh kegiatan serta tidak lupa kepada Koordinator magang tiga, yaitu Bapak Iwan Supriyono S.Pd selaku waka kurikulum juga. Mudah mudahan pengabdian yang kami lakukan disini bermanfaat dan nantinya benar-benar menjadi guru. Semoga kami bisa menjalankan amanah menjadi guru yang teladaan, taat dalam administrasi disiplin serta memberikan contoh lainnya” kata Suryanto.

Untuk diketahui, program magang adalah suatu kegiatan yang memberikan pengalaman awal untuk membangun jati diri pendidik, memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan bidang studi, memantapkan kemampuan awal mahasiswa calon guru. Magang ini adalah bentuk memperkaya khasanah bagi mahasiswa untuk mengembangkan diri sebagai calon pendidik di masa depan. (han/tgr)

 

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!