30.6 C
Jakarta

Beri Kuliah Umum di Unmuh Bangka Belitung, Sekjen MUI Beberkan Potensi Wisata Halal Babel

Baca Juga:

BANGKA BELITUNG, MENARA62.COM– Sekjen MUI Pusat Buya Amirsyah Tambunan di tengah acara Kongres Halal Intermasional (KHI 14-18/6/22 ) di Bangka Belitung hadir memberikan kuliah umum pada Civitas Akademika  Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung  dikampus Unmuh Jalan KH Ahmad Dahlan Bangka Belitung (16/6/22). Kuliah umum tersebut dipandu Rektor Unmuh, Fadillah Sabri, S.T., M.Eng.

Dalam paparannya, Buya Amirsyah menekankan dua hal penting yakni persoalan keumatan dan persoalan kebangsaan. Persoalan keumatan titik lemah pada sumber daya manusia (SDM).

Menurutnya Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) seperti perguruan tinggi Muhammadiyah mempunyai  peran penting untuk mendidikan SDM agar menjadi agen perubahan (agent of change) guna mewujudkan  sumber daya manusia yang memiliki keunggulan dalam menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) dan kekuatan iman dan taqwa (Imtaq) sesuai dukungan sumber daya alam seperti Babel tengah melakukan pengembangan pariwisata halal di kepulauan Babel. Salah satu poin penting KHI mendukung kepulauan Babel menjadi salah satu destinasi wisata halal di Indonesia.

Terkait dengan persoal bangsa yang tengah menghadapi pemulihan ekonomi Buya Amirsyah berpesan agar kekuatan masyarakat Indonesia pada sosial capital dan kekuatan sumber daya manusia (human capital) dapat di capitalisasi menjadi kekuatan bangsa. Oleh karena itu kata kuncinya pada persatuan dan kesatuan gangsa. Artinya umat dan bangsa harus terus bersatu, jangan mudah di adu domba dengan isu radikal-radikul, khilafatul muslimin, dan isu lainnya. Jadi kekuatan bangsa melalui kekuatan umat harus dapat di capitalisasi untuk mewujudkan Indonesia sebagai pusat  produksi halal dunia 2024.

“Oleh karena itu industri dan pariwisata halal di Indonesia harus mampu bersaing dengan negara lain,” pungkasnya.

Sementara itu, Rektor dalam sambutannya mengatakan bahwa saat ini Unmuh Babel tengah mempersiapkan program studi pariwisata agar sesuai potensi alam di Babel. Hingga saat ini Unmuh Babel tengah mengelola Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan terdiri dari Program Studi PGSD, PJKR, Pendidikan Matematika dan Pendidikan Bahasa Inggris,  Fakultas Teknik dan Sains terdiri dari Program Studi Teknik Sipil, Ilmu Komputer dan Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) telah memiliki mahasiswa hampir 2000 orang.

Hadir dalam cara tersebut seluruh jajajaran Organisasi Otonom IMM, Tapak Suci, Ketua PWA Babel  Hj.Suhada, ketua PWM Babel Drs. Syamlawi Ahmad  turut memberikan sambutan dengan mengapresiasi kehadiran Sekjen MUI memberikan kuliah umum dan dialog bersama keluarga besar Muhammadiyah Bangka Belitung.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!