32 C
Jakarta

Biarkan Anak Yang Tentukan Kapan Berhenti Menyusu Pada Ibu

Baca Juga:

JAKARTA, MENARA62.COM– Sejatinya pemberian air susu ibu (ASI) kepada anak yang direkomendasikan hanya sampai usia dua tahun. Tetapi jika anak masih belum mau disapih, ada baiknya ibu tetap melanjutkan pemberian ASI kepada buah hatinya.

“Jangan percaya dengan mitos-mitos yang ada bahwa anak yang lama menyusu pada ibunya akan tumbuh menjadi anak manja,” jelas dr Wiyarni Pambudi SpA, IBCLC, konsultan ASI di sela kampanye #GaransiASI (gerakan yakin memberi ASI) bersama Tiga Generasi dan GabaG Indonesia, Sabtu (18/03/2017).

Menurutnya, kegiatan menyusu pada anak yang usianya sudah diatas 2 tahun tetap memberikan manfaat besar baik bagi anak maupun bagi ibu. Setidaknya kegiatan menyusui akan membantu seorang ibu memantau milestone anak.

Selain itu, kegiatan menyusui akan membangun kedekatan emosi antar anak dan ibu, membangun rasa kedekatan dan meningkatkan rasa nyaman. Anak ASI juga akan jauh lebih matang kemandiriannya dan lebih mampu menguasai diri.

Memang ASI bagi anak yang berusia diatas 2 tahun bukan lagi sumber nutrisi utama. Tetapi zat kekebalan ASI akan terus didapatkan oleh anak yang melanjutkan kegiatan menyusu pada usia diatas dua tahun.

Karena itu, meski anak sudah bisa minum dengan gelas, tumbuh gigi, mendapat asupan makanan tambahan namun Noella Ui Birowo, Co- founder  Tiga Generasi menyarankan agar ibu tidak pernah melakukan upaya penyapihan atau penghentian ASI.

“Biarkan anak yang memilih dan menentukan kapan dia mau berhenti menyusu. Jangan kita sapih apalagi pakai dipisah tidurnya atau dikasih balsam,” jelasnya.

ASI dikatakan Noella adalah anugerah terindah yang diberikan Tuhan kepada seorang ibu. Pada ASI, terkandung nilai gizi yang sempurna dan berbagai vitamin yang dibutuhkan oleh anak untuk mendukung proses tumbuh kembangnya.

Sementara itu, General Manager PT GabaG Indonesia, Edwin Sundoro, mengakui kesadaran ibu untuk memberikan ASI pada anaknya belakangan terus membaik. Banyak ibu muda yang berjuang keras memberikan ASI ditengah kesibukan kerja kantornya.

“Ada banyak ibu muda yang memanfaatkan thermal bag untuk menyimpan ASI perahan saat berada di kantor,” kata Edwin.

Dengan pemanfaatan thermal bag, maka ibu bisa tetap memberikan ASI ekslusifnya pada sang buah hati tanpa harus meninggalkan pekerjaan di kantornya.

Kampanye #GaransiASI itu sendiri dimeriahkan oleh sejumlah artis seperti Dian Ayu, Omesh, Ponco Buwono, Imelda Therinne, Agus Ringgo, Mikaila Patritz, Tika Priatnakusuma, dan Tasya Nurmedia.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!