32.9 C
Jakarta

Boyolayar Destinasi Wisata Baru Sragen di Tepi Waduk Kedung Ombo

Baca Juga:

SAAT INI Pemerintah Kabupaten Sragen, Jawa Tengah tengah berbenah mengembangkan potensi pariwisata di wilayahnya. Salah satunya, Obyek Wisata Boyolayar yang terletak di kawasan tepian Waduk Kedungombo (WKO).

Objek Wisata Boyolayar ini terletak Dukuh Boyolayar, Desa Ngargosari, Kecamatan Sumberlawang. Bahkan obyek wisata ini telah ditetapkan sebagai Desa Wisata Boyolayar.

Untuk menuju ke obyek wisata ini ada dua jalur. Jalur pertama, melalui Gunung Kemukus. Jalur kedua, ada jalan langsung menuju tempat wisata Boyolayar. Kedua jalur tersebut dapat ditempuh dalam waktu sekitar satu jam perjalanan dari pusat kota Sragen menggunakan mobil.

Menurut Lurah Desa Ngargosari, Sriyono, wisata Boyolayar dikelola masyarakat setempat. Pengunjung dapat menikmati pemandangan WKO dengan cara berwisata perahu yaitu dengan menyewa perahu yang disiapkan oleh warga sekitar.

“Perahu tersebut disiapkan warga. Selain untuk mengantar wisatawan juga sehari-harinya digunakan para petani ikan keramba, untuk mengangkut ikan-ikan hasil panenan serta mengangkut pakan ikan,” kata Sriyono.

Selain pemandangan WKO, wisatawan juga dapat menikmati pemandangan alam hutan jati. Wisatawan pun akan disuguhi kuliner ikan bakar yang disediakan oleh warung-warung setempat.

Dijelaskan Sriyono, Wisata Boyolayar yang baru saja dibuka tersebut akan dijadikan satu paket perjalanan wisata dengan Gunung Kemukus. Pengunjung dapat menyewa perahu dari arah Gunung Kemukus atau sebaliknya dengan tarif Rp 50 ribu per orang.

Menikmati pemandangan WKO dari atas perahu. (foto : istimewa)

“Wisata ini baru dibuka, rencananya kami menyediakan satu paket wisata perahu menuju ke Gunung Kemukus maupun sebaliknya dengan tarif Rp 50 ribu per orang (pulang-pergi) sudah dapat nasi pecel, ikan bakar dan es teh,” kata Sriyono.

Menurutnya dengan memberikan paket wisata tersebut diharapkan dapat menarik minat pengunjung yang datang menikmati keindahan alam WKO sambil menikmati kuliner saat melintasi waduk. Walaupun baru dibuka, Sriyono, berharap kedepan dapat membenahi sarana prasarana, infrastruktur dan memberikan fasilitas yang memadai seperti toilet, tempat parkir yang luas serta menyediakan kuliner yang lebih bervariasi. (*)

Penulis : Mira (Diskominfo Sragen)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!