30 C
Jakarta

Dekatkan dengan Nasabah, BRI Cabang Selat Panjang Gelar Gathering Ekosistem Desa 2022

Baca Juga:

KEPULAUAN MERANTI, MENARA62.COM – Wakil Bupati Kepulauan Meranti AKBP (Purn) H. Asmar resmi membuka acara Gathering Ekosistem Desa Tahun 2022 BRI Cabang Selat Panjang, Rabu (12/01/2022). Kegiatan tersebut digagas DPD KNPI Kecamatan Rangsang Barat dan Pemerintah Desa Sungai Cina.

Turut hadir Camat Rangsang Barat, Kepala Desa Sungai Cina, Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti, Pemimpin Cabang Bank BRI Selatpanjang Didi Supardi, Kapolsek Rangsang Barat, Babinsa Rangsang Barat, Ketua MUI Rangsang Barat, Kepala Desa Se Kecamatan Rangsang Barat, serta pelaku usaha UMKM Desa Sungai Cina.

Akto Misriadi sebagai Ketua Pelaksana kegiatan Gathering, berharap kegiatan ini dapat dilakukan berkelanjutan, agar nantinya pelaku pelaku usaha baik UMKM, pelaku ekonomi kreatif bisa berdaya saing.

Kepala Desa Sungai Cina Supardi mengungkapkan apresiasinya atas terselenggaranya kegiatan gathering ini, baik dari panitia penyelenggara maupun Bank BRI. “Kegiatan ini sesuai dengan visi dan misi bupati dan 7 program startegis pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti,” tuturnya.

Ia berharap kedekatan bank BRI dengan pelaku usaha yang hadir pada hari ini, semakin meningkat prospek bisnis pelaku UMKM itu sendiri, dan menciptakan juga pelaku pelaku usaha yang baru.

Didi Supardi selaku Pemimpin Cabang Bank BRI Selat Panjang mengucapkan terima kasih kepada semua panitia pelaksana dan semua pihak yang telah membantu terlaksananya acara Gathering Ekosistem Desa Tahun 2022 di Gedung Serba Guna Desa Sungai Cina. “Kegiatan Gathering Eksosistem ini bertujuan agar masyarakat lebih dekat dengan Bank BRI, apalagi program yang hari ini di selenggarakan BRI selaras dengan program Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti, menciptakan enterpreneur dan UMKM,” tukasnya.

Lanjut Didi Supardi Pinca BRI Cabang Selat Panjang “Hari ini bank BRI memudahkan pelaku usaha UMKM untuk mengembangkan bisnis nya, Bank BRI memberikan bunga 0,2 % , hal ini tentunya akan menjadi angin segar untuk pelaku usaha UMKM, pelaku ekonomi kreatif yang ada.”

“Besar harapan kita bersama disini, nantinya kegiatan ini akan berkelanjutan agar program program strategis Bupati dan Wakil Bupati bisa terealisasikan dengan cepat, dan tentunya akan berdampak pertumbuhan ekonomi itu sendiri,” lanjtunya

H. Asmar Wakil Bupati Kepulauan Meranti mengungkapkan “Atas nama Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti mengapresiasi dan menyambut baik kegiatan Gathering Ekosistem Desa Tahun 2022 di Desa Sungai Cina. Kegiatan ini snagat positif terutama membantu Pemerintah Kabupaten untuk mewujudkan Desa yang maju makmur dan mandiri, khususnya dalam pengembangan BUMDes sebagai motor penggerak.”

Asmar menyebutkan, ekonomi di Desa dan pengembangan UMKM melalui kegiatan pendampingan, peningkatan kapasitas demi pertumbuhan bisnis mikro yang berkelanjutkan di tahun 2022 adalah program yang sangat baik. “Hal ini dalam upaya mendorong pemulihan ekonomi Desa untuk membangkitkan ekonomi masyarakat di Desa,” katanya.

Kegiatan Gathering Ekosistem Desa tersebut bertujuan untuk menjalin hubungan baik dengan para pelaku usaha, karena di dalam ekosistem desa tersebut terdiri dari Pemerintah dan Masyarakat desa, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Serta klaster usaha yang terhubung dan mendukung antara satu dengan yang lainnya untuk menciptakan proses bisnis berkelanjutan.

Disampaikan oleh Wakil Bupati melalui pemberdayaan ekonomi berdasarkan ekosistem Desa, BRI terus melakukan pengembangan melalui berbagai pelatihan, intermediasi pelaku usaha dengan off taker, serta peningkatan penerapan teknologi dan bantuan sertifikasi produk bagi pelaku usaha di desa.

Wabup berharap melalui program ini akan lahir desa-desa brilian yang berdaya saing dan unggul yang dapat mempercepat pembangunan kawasan pedesaan secara nasional dan juga menjadi desa percontohan bagi desa lainnya.

Asmar menyebutkan, “Pemkab akan terus berkomitmen untuk membantu membangun desa sebagai sentra produksi pangan nasional, agar kedepannya pelaku usaha dan masyarakat desa dapat semakin sejahtera.”

Salah satu peserta, Wagiman(34) mengungkapkan “kegiatan ini sangat baik, saya secara pribadi mendapatkan gambaran bagaimna selanjutnya usaha Kue Bangkit yang kami kelola bisa mendapat respon yang luas, agar nantinya mampu memperkerjakan tenaga tengah yang ada dj sekitar, dan meningkatkan perekonomian itu sendiri.”

Acara Gathering itu sendiri, berakhir pada pukul 11:45 wib yang di tutup oleh Ja’far Sekretaris Kecamatan Rangsang Barat.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!