28.2 C
Jakarta

Deklarasi Forum Purnawirawan Pati TNI-Polri Dorong Anies Segera Umumkan Cawapres

Baca Juga:

JAKARTA, MENARA62.COM – Sebanyak 170-an purnawirawan perwira tinggi (pati) TNI-Polri yang tergabung dalam Forum Purnawirawan Perwira Tinggi TNI-Polri untuk Perubahan (FP3), mendesak agar bakal calon presiden (capres) dari Koalisi Perubahan dan Persatuan (KPP) Anies Rasyid Baswedan segera menetapkan bakal calon wakil presidennya.

Koordinator FP3 Letnan Jenderal TNI (Purn) Ediwan Prabowo juga meminta agar ketiga partai KPP, Demokrat, Nasdem dan PKS membuat sekretariat bersama pemenangan Anies Baswedan dan sekaligus mengusung Anies Baswedan sebagai Capres Perubahan.

“Sebanyak 170-an Purnawirawan Perwira Tinggi TNI-Polri yang tergabung dalam Purnawirawan Perwira Tinggi TNI-Polri Untuk Perubahan (FP3) mendukung ketiga partai politik yang tergabung dalam Koalisi Perubahan dan Persatuan (NasDem, Demokrat, PKS) dan sekaligus mengusung Anies Baswedan sebagai Capres Perubahan,” kata Ediwan dalam acara deklarasi FP3 di Hotel Yuan, Jakarta, Kamis (6/7/2023).

Ediwan menjelaskan dukungan kepada Anies didasari keprihatinan kondisi kehidupan berbangsa dan bernegara akhir-akhir ini yang belum mencerminkan keadaan seperti diharapkan. “Di mana praktik hukum dan pengelolaan pemerintahan yang tidak berpihak pada rakyat dan merugikan negara, serta kekhawatiran kuat terjadinya perpecahan serius antar anak bangsa,” lanjutnya.

Dalam deklarasi tersebut, Ediwan didampingi oleh Laksamana Madya (Purn) Dedi Muhibah Pribadi yang pernah menjabat sebagai Dansesko TNI Angkatan Laut. Ada juga Mayor Jenderal (Purn) Hartomo mantan Staf Khusus Kepala Staf Angkatan Darat.

Kemudian, Marsekal Madya TNI (Purn) Muhammad Syaugi yang pernah menjabat sebagai Basarnas hingga Irjen Pol (Purn) Anas Yusuf yang pernah memegang jabatan Analis Kebijakan Utama Bidang STIK Lemdiklat Polri. Deklarasi ini dihadiri juru bicara Anies Baswedan, Sudirman Said.

Untuk diketahui, hingga kini Anies memang belum memutuskan siapa sosok yang akan mendampinginya di Pilpres 2024. Sekalipun, Koalisi Perubahan untuk Persatuan mengklaim bahwa Anies telah mengantongi satu nama bakal cawapres.

Sejauh ini, ada sejumlah nama yang digadang akan mendampingi Anies, mulai dari Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono, mantan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan hingga putri almarhum Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid, Yenny Wahid.

FP3 lanjut Ediwan, mengimbau dan mengingatkan kepada anggota TNI-Polri aktif, ASN serta pejabat negara dan pejabat pemerintahan untuk benar-benar bersikap netral dan menjadi contoh netralitasnya dalam penyelenggaraan Pemilu 2024.

FP3 merupakan forum bersama Purnawirawan Pati TNI-Polri lintas angkatan (masa kelulusan) dan lintas matra dari pangkat bintang satu hingga bintang tiga.

“Para purnawirawan pati ini hadir dan menyatu dalam forum bersama karena merasa terpanggil untuk berbuat bersama-sama komponen bangsa lainnya demi Indonesia kedepan yang lebih baik, adil makmur dan sejahtera sebagaimana yang dicita-citakan para pejuang pendahulu,” pungkasnya. (*)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!