29.3 C
Jakarta

IHT Perencanaan Berbasis Data di SMA Muhammadiyah 1 Solo

Baca Juga:

SOLO, MENARA62.COM – SMA Muhammadiyah 1 Surakarta menggelar In House Training (IHT) Peningkatan Kompetensi Guru Berbasis IT dengan pembicara Muhari, S.Pd., M.Pd. dengan materi Perencanaan Berbasis Data. Kegiatan dilaksanakan Kamis (6/01/2022) diikuti oleh 50 guru PNS SMA Muhammadiyah 1 Surakarta.

Agenda kegiatan dimulai dari pembukaan oleh MC dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Sang Surya.  Kepala SMA Muhammadiyah 1 Surakarta, Dr. Rahayuningsih, S.Pd., M.Pd., dalam sambutannya mengatakan, sebagai awal memasuki Semester 2 secara PTM 100 % dengan membuat kontrak belajar antara guru dengan siswa selama PTM sehingga guru dan siswa harus sama-sama disiplin untuk mentaati kontrak belajar tersebut.

Muhari, S.Pd.,M.Pd., membahas tentang perencanaa berbasis data. Semua harus berbasis data misalnya materi. Sebelum mengajar harus dilihat materi/data sebelumnya. Termasuk data siswa yang tidak hadir, nilai yang diperoleh siswa dan sebagainya. “Dengan demikian guru harus membiasakan untuk selalu menulis apa yang dikerjakan dan mengerjakan apa yang ditulis,”jelasnya.

Muhari  menambahkan materi BAGJA. Model Manajemen Perubahan dengan cara BAGJA: B-uat Pertanyaan, A-mbil Pelajaran, G-ali Mimpi, J-abarkan Rencana dan Atur Eksekusi. “Guru perlu mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan kreativitasan anak. Guru wajib mengembangkan dan ini tidak spontan sehingga perlu perencanaan melalui Bagja. Semua usaha mengarah untuk mengembangkan kreatifitasan anak,”imbuhnya.

Dalam IHT ini ada tugas yang harus dikerjakan secara kelompok di MGMPS SMA Muhammadiyah 1 Surakarta.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!