32.9 C
Jakarta

IKABA Peduli 2021 Gelar Vaksinasi bagi 300 Warga Bangunkerto Sleman

Baca Juga:

SLEMAN, MENARA62.COM – Dalam rangka membantu pemerintah mencapai target cakupan imunisasi Covid-19, Ikatan alumni SMP Bangunkerto (IKABA) bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Sleman, Desa Bangunkerto dan POLDA DIY, menggelar vaksinasi massal, Selasa (28/9/2021). Kegiatan vaksinasi yang digelar di SMPN 2 Turi tersebut ditujukan untuk siswa, guru dan karyawan SMP serta masyarakat sekitar SMP Bangunkerto juga para alumni.

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo dalam pernyataannya menyebut bahwa Pemkab Sleman menargetkan prosentase vaksinasi COVID-19 di Sleman mencapai pada kisaran angka 80 persen pada akhir September 2021. Hal ini bak gayung berambut dengan acara vaksin masal kali ini.

Acara ini merupakan salah satu bentuk bakti alumni SMP Bangunkerto kepada almamater yaitu siswa, guru ,karyawan dan juga masyarakat Bangunkerto. Vaksinasi bertujuan memperkuat anti bodi terhadap virus covid-19 sehingga mengurangi risiko keparahan penyakit saat terpapar dan juga diharapkan dapat mempercepat terbentuknya herd immunity (kekebalan kelompok).

Peserta vaksinasi menjalani skrining kesehatan

Menurut ketua Panitia acara Wahiban Al Amin, target vaksinasi menyasar 300 peserta. “Panitia menggunakan cara undangan kepada peserta dengan mengisi Google Form dan terdaftar pada 2 link pendaftaran vaksinasi PeduliLindungi dan daftar vaksin Sleman https://daftarvaksin.slemankab.go.id/,” kata Wahiban didampingi Marwadi, Siti Zaidatul Khoiriyyah, dan Desi DA (Sekretaris).

Ketua IKABA Astuti Widayati SH.MH menjelaskan setelah peserta mendaftar melalui dua aplikasi yang disediakan, selanjutnya akan mendapatkan pemberitahuan melalui SMS atau pesan Whatsapp untuk hadir sesuai jadwal yang ditentukan.

“Hanya peserta yang memenuhi syarat yang akan dipanggil untuk vaksinasi. Itu pun kami lakukan skrining lagi untuk memastikan kondisi peserta benar-benar sehat,” jelasnya.

Pelaksanaan vaksinasi dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat, sehingga tidak menimbulkan kerumunan dan antrian panjang. Peserta yang mendapat undangan tersebut kemudian dapat masuk ke area vaksin setelah menunjukkan KTP dan menggunakan masker 2 lapis untuk melakukan skrining. Setelah lolos kesehatan dan administrasi selanjutnya mendapat suntikan vaksin yang menggunakan Sinovac hingga mendapatkan kartu vaksin .

Selain itu acara ini juga mendapat dukungan dan suport berupa penyerahan paket sembako sebanyak 300 paket dari POLDA DIY kepada IKABA. “Paket ini disediakan untuk warga peserta vaksin,” kata AKP Ani Sulistyarini S.Kom. MH.li Kasibinorsosmas Polda DIY yang juga merupakan alumni.

Sementara pihak sekolah SMPN 2 Turi dan Panewu Turi Wahid Basroni menyampaikan apresiasinya atas peran alumni dalam berkiprah di masyarakat terutama dalam penanggulangan pandemi Covid19. Ia bersyukur acaranya berlangsung dengan tertib tidak terjadi kerumunan masa. Protokol kesehatan dipatuhi serta petugas yang memberikan pelayanan dengan ramah dan profesional.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!