27 C
Jakarta

Inilah Lima Perguruan Tinggi Terbaik di Sulsel versi Webometric

Baca Juga:

MAKASSAR – Webometrics Ranking of World Universities telah merilis merilis daftar peringkat perguruan tinggi terbaik di dunia versi Juli 2022.

Webometrics Ranking of World Universities merupakan pemeringkatan yang dilakukan oleh Cybermetrics Lab, sebuah riset grup di bawah naungan Consejo Superior de Investigaciones Científicas (CSIC) yang menjadi lembaga riset publik terbesar di Spanyol.

Webometrics menggunakan tiga indikator untuk menilai kualitas setiap perguruan tinggi, yaitu visibility (impact) sebesar 50 persen, transparency (opennes) sebesar 10 persen, dan excellence (scholar) sebesar 40 persen.

Berdasarkan hasil penelusuran melalui www.webometrics.info, berikut 5 perguruan tinggi terbaik di Sulsel berdasarkan peringkat Webometric versi Juli 2022:

  1. Universitas Hasanuddin (Peringkat 17)
  2. Universitas Negeri Makassar (Peringkat 48)
  3. Universitas Muslim Indonesia (Peringkat 89)
  4. Universitas Muhammadiyah Makassar (Peringkat 95)
  5. Universitas Islam Negeri Alauddin (Peringkat 186)

Dihubungi Senin sore, 8 Agustus 2022, Wakil Rektor I Unismuh Makassar Dr Abd Rakhim Nanda menyampaikan rasa syukur atas pencapaian peringkat ke 95 di Indonesia, dan peringkat 5.775 di tingkat dunia.

“Unismuh Makassar bersyukur kepada Allah swt, karena kerja keras semua elemen di Unismuh Makassar mendapat apresiasi dari lembaga pemeringkatan kredibel dari luar negeri,” ujarnya.

Penilaian itu, kata Rakhim, akan menjadi pelecut bagi warga Unismuh untuk bekerja lebih baik. Apalagi pada tahun 2024, Unismuh menargetkan mencapai akreditasi unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Bukan hanya target jangka pendek, Unismuh bahkan telah Menyusun visi puluhan tahun ke depan. Pada tahun 2028, kata Rakhim, Unismuh memasuki persiapan menuju kampus bereputasi internasional. Tahun 2032 bereputasi internasional, 2036 menjadi Research University. Tahun 2040 menuju Edupreneur University, dan 2044 menjadi Edupreneur University.

Mantan Dekan Fakultas Teknik Unismuh ini juga menyampaikan apresiasi atas dukungan berbagai pihak.

“Terima kasih atas dukungan semua pihak atas pencapaian ini, khususnya bagi segenap civitas akademika Unismuh, baik dosen, karyawan, maupun mahasiswa,” ungkapnya.

Tak lupa ia memberi apresiasi kepada Pemerintah, para orang tua mahasiswa, warga Muhammadiyah, dan masyarakat luas, yang senantiasa memberikan dukungan dan masukan bagi pengembangan Unismuh Makassar.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!