30.8 C
Jakarta

Kapal Klinik Said Tuhuleley Dalam Perjalanan Ke Lombok

Baca Juga:

PATI, MENARA62.COM–Pukul 4.48 wib, Minggu (19/2/2017), kapal Klinik Apung Said Tuhuleley melanjutkan perjalanan menuju Lombok, setelah sejak kemarin sore kapal sandar di pelabuhan Banyu Towo, Pati, Jawa Tengah.

“Cuaca hari ini cukup cerah, udaranya pun cukup nyaman untuk memulai perjalanan,” ujar Syafii Latuconsia, konsultan pertanian Majelis Pemberdayaan Masyarakat PP Muhammadiyah yang berada di kapal tersebut sejak diberangkatkan dari Jakarta pada Sabtu pagi.

Menurut Syafii, hingga garis akhir pulau Jawa, ombak diperkirakan cukup bersahabat. Namun, yang agak besar ketika melewati selat Lombok dan selat Bali.

Kapal Said Tuhuleley diperkirakan akan merapat di Lombok sekitar pukul 17.30. Kapal yang membawa sembilan orang ini, dibawah komando kapten kapal Ta’o bin Ahmad.

Kapal

Keinginan PP Muhammadiyah untuk menghadirkan pelayanan kesehatan di kepulauan Maluku dan Papua akhirnya kesampaian. Lembaga Zakat Nasional Lazismu mengoorganisir pengumpulan dana untuk membiayai pembuatan Kapal Klinik Apung Said Tuhuleley yang menelan biaya sekitar Rp 2 miliar. Jumat (17/2/2017), kapal itu diperkenalkan kepada publik dan media di Dapur Seafood, Jl. Pantai Mutiara Blok TG 7 Jakarta Utara.

Menurut Joko Intarto dari Lazismu, Klinik Apung Said Tuhuleley merupakan fasilitas kesehatan yang dibangun dengan basis kapal yacht dengan diameter 15,5 meter x 3,5 meter x 5 meter berbahan dasar fiberglass dengan berat 8 ton.

Sedianya, Klinik Apung Said Tuhuleley akan berlayar menuju Pelabuhan Ambon pada hari Rabu (15/2) lalu. Namun karena cuaca yang buruk dan gelombang laut yang mencapai 7 meter, rencana keberangkatan pun tertunda tiga hari.

Setelah melintas Jepara, bersandar di Pati, dan pagi ini berangkat menuju Lombok, kemudian ke Selayar dan Buru. Kapal Said Tuhuleley direncanakan merapat di Pelabuhan Ambon hari Kamis pekan depan (23/2/2017).  Klinik Apung Said Tuhuleley akan diresmikan Presiden Joko Widodo bertepatan dengan pembukaan acara Tanwir Muhammadiyah pada hari Jumat (24/22017) di Ambon.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!