30.9 C
Jakarta

Kapal LPD untuk Angkut Pasukan ke IKN

Baca Juga:

JAKARTA, MENARA62.COM — Kapal LPD untuk Angkut Pasukan ke IKN. TNI Angkatan Laut menyiapkan kapal-kapal angkut landing platform dock (LPD) dari Komando Lintas Laut Militer untuk mengangkut pasukan ke Ibu Kota Nusantara menjelang upacara HUT RI pada 17 Agustus 2024.

Situs Antaranews.com melansir, Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali saat ditemui di sela kegiatannya di Markas Komando Kolinlamil, Jakarta, Selasa (2/7/2024), mengatakan kapal-kapal itu juga disiapkan untuk menjadi tempat menginap sementara para prajurit yang bertugas pada upacara memperingati kemerdekaan RI di IKN.

“Kami juga menyiapkan beberapa kapal LPD untuk mengangkut pasukan yang bertugas upacara dan juga material, dan bahkan beberapa kapal akan menjadi tempat menginap sementara,” kata Laksamana Ali menjawab pertanyaan ANTARA saat jumpa pers selepas puncak peringatan HUT Ke-63 Kolinlamil di Markas Komando Kolinlamil, Jakarta.

Dia mengatakan kapal-kapal itu nantinya disiapkan untuk lego jangkar di perairan dekat dermaga IKN. Namun, Laksamana Ali belum menyebutkan jadwal kapal-kapal itu mulai mengangkut pasukan ke IKN.

Upacara

Upacara HUT RI pada 17 Agustus 2024 dijadwalkan digelar di IKN dan di Jakarta. Di IKN, upacara memperingati kemerdekaan RI itu dipimpin Presiden RI Joko Widodo dan dihadiri Presiden Terpilih Prabowo Subianto. Sementara upacara di Istana Merdeka bakal dipimpin oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan dihadiri oleh Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka.

Demi mewujudkan rencana upacara di IKN, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mempercepat pengerjaan sejumlah sarana dan prasarana, khususnya infrastruktur yang menunjang kebutuhan dasar seperti air, listrik, dan jalan.

Di luar itu, pembangunan Istana Kepresidenan, kantor-kantor kementerian, memorial park juga dikebut agar dapat operasional pada akhir Juli 2024.

“Kantor presiden juga alhamdulillah, mudah-mudahan akhir Juli ini nanti bilah-bilah garuda juga sudah. Sumbu kebangsaan yang di depan Istana juga sudah selesai. Kantor menko-menko (menteri koordinator, red.) nanti fungsional untuk bisa digunakan. Jalan di depan Istana Presiden mudah-mudahan nanti bisa dikebut untuk Juli ini selesai semua,” kata Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti saat mendampingi kunjungan kerja Presiden Joko Widodo di Palangka Raya, Kalimantan Tengah, pekan lalu (27/6/2024).

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!