28 C
Jakarta

Keberagaman, Tema Diskusi Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah PK

Baca Juga:

 

 

SOLO, MENARA62.COM – Penanaman konsep kepada siswa bisa dilakukan dengan beragam metode. Metode diskusi menjadi salah satu yang dilakukan untuk penguatan dan penanaman konsep. Seperti yang dilakukan oleh siswa kelas X SMA Muhammadiyah program Khusus Kottabarat bersama tim guru kelas X dalam pembelajaran tema Bhineka Tunggal Ika.

Terdapat kelompok-kelompok kecil siswa yang sedang berkumpul dan mendiskusikan sebuah tema kajian sosial, Jum’at (22/7/2022). Siang itu, makna dan bentuk kebhinekaan di masyarakat menjadi tema sentral dalam setiap kelompok siswa. Tiap kelompok mendiskusikan keberagaman yang terjadi di masyarakat Surakarta yang sering mereka jumpai dalam keseharian di lingkungan masing-masing.

Ganda setya Gunawan, salah satu guru kelas X mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan rangkaian dari pembentukan karakter siswa profil Pancasila. Keberagaman di masyarakat menjadi fokus tema kali ini, dimana siswa mencari keberagaman yang terjadi seperti kebiasaan adat, bahasa, suku bangsa sampai pada keberagaman agama yang ada di kota Surakarta khususnya. Dari temuan tersebut, diharapkan siswa mampu merancang sebuah proyek kegiatan yang akan memperkuat persatuan dalam keberagaman yang terjadi di masyarakat. (*)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!