31.5 C
Jakarta

Kiprah Untar di Era Keterbukaan Informasi Publik Serta Peran Aktif Kampus dalam Program Merdeka Belajar

Baca Juga:

JAKARTAMENARA62.COM – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi terus mendorong perguruan tinggi untuk melakukan pembelajaran tatap muka. Semangat ini sudah dimulai oleh beberapa perguruan tinggi di lingkungan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah III DKI Jakarta. Hal ini disampaikan oleh Kepala LLDikti Wilayah III, Prof. Dr. Agus Setyo Budi, M.Sc kepada 303 pimpinan perguruan tinggi se-Jakarta dalam acara Rapat Koordinasi Daerah (RAKORDA) pada Rabu, 24 November 2021 yang bertempat di Kampus Universitas Multimedia Nusantara Jakarta, Tangerang.

“Selama pandemi, perguruan tinggi menerapkan pembelajaran daring yang memang banyak memberikan manfaat seperti belajar yang lebih mandiri serta fleksibilitas. Namun, terdapat pula kendala seperti tidak adanya interaksi langsung antara dosen dan mahasiswa, Konsentrasi belajar yang menurun yang mengakibatkan learning loss.

“Sudah saatnya kita semua kembali ke kampus tanpa ragu lagi dengan protokol kesehatan ketat. Dipastikan juga program-program Kampus Merdeka tetap berjalan dengan baik, maka, diharapkan dosen-dosen dapat menerapkan tugas kuliah berbasis proyek dan membuat webinar-webinar yang bermanfaat untuk tetap menghasilkan insan yang berkualitas,” tutur Agus Setyo Budi.

Seperti diketahui, Universitas Tarumanagara (Untar) sebagai salah satu perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia, telah  dapat menyuguhkan dan mengelola informasi secara baik di era digital dengan meraih posisi kedua sebagai Perguruan  Tinggi dengan Laporan Kinerja Media Sosial Terbaik  dalam pemberian penghargaan yang disampaikan pada Rakorda LLDikti wilayah III tahun 2021.

“Salah satu peranan penting dalam pengelolaan suatu institusi, khususnya lembaga pendidikan tinggi tidak terkecuali Universitas Tarumanagara (Untar) sebagai badan publik, memiliki kewajiban menyediakan informasi kepada publik dan mengelola informasi sesuai perundang-undangan yang berlaku. Di era keterbukaan informasi,  publik internal maupun eksternal kampus berhak memperoleh Informasi yang lengkap,” ujar Kepala Kantor Humas Untar, Dra. Paula Tjatoerwidya Anggarina, M.M.

Menurutnya, partisipasi atau keterlibatan civitas akademika yang membuahkan prestasi, tidak akan banyak berarti tanpa diinformasikan serta tanpa adanya jaminan keterbukaan informasi publik.

Kepala LLDikti Wilayah III, Prof. Dr. Agus Setyo Budi, M.Sc., menyampaikan, pandemi bukan menjadi penghalang bagi kita untuk terus bekerja dan berkarya, misalnya saja di lingkungan LLDikti Wilayah III pada tahun 2021 ini data sebaran akreditasi program studi perguruan tinggi A dan unggul jumlahnya hampir 300an.

“Hal tersebut merupakan pembuktian peningkatan kinerja perguruan tinggi di  LLDikti Wilayah III. Pandemi menjadi trigger bagi perguruan tinggi untuk berinovasi dalam pembelajaran daring dan penyampaian informasi pendidikan,” ujar Agus Setyo Budi.

Rakorda LLDikti Wilayah III 2021, merupakan ajang silaturahmi, komunikasi dan berbagi informasi bagaimana mengelola Perguruan Tinggi sehingga dapat menghasilkan proses pendidikan yang berkualitas sesuai kebutuhan masyarakat dan semua pemangku kepentingan. Sebagai bentuk apresiasi bagi Perguruan Tinggi Swasta, LLDikti Wilayah III juga memberikan berbagai penghargaan.

Beberapa penghargaan LLDikti Wilayah III yang telah diraih oleh Universitas Tarumanagara selain Perguruan Tinggi dengan Laporan Kinerja Media Sosial Terbaik, adalah:
• No.2 Perguruan Tinggi dengan Kinerja Media Sosial Terbaik
• Top 10 Penghargaan Pelaporan PDDikti 100% dalam 4 semester
• Penghargaan Sentra Vaksin di Lingkungan LLDikti Wilayah III
• Top 100 Affiliations By Overall Sinta Score
• Apresiasi Host Seminar: Konsorsium Publikasi Ilmiah 11 Bidang Ilmu 2021, Bidang Ilmu Kesehatan
• Top 5 Penghargaan kepada Perguruan Tinggi dengan jumlah laporan kerja sama terbanyak.

Pada kesempatan tersebut, Rektor Untar Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan, IPU, ASEAN Eng menambahkan Universitas Tarumanagara mengucapkan terima kasih atas semua pelayanan dan kerjasama yang baik yang telah diberikan oleh LLDikti III dan semua mitra Perguruan Tinggi di wilayah LLDikti III.

“Kami juga mengucapkan terima kasih atas berbagai penghargaan di berbagai bidang yang telah diberikan oleh LLDIKTI III kepada Untar. Semua penghargaan ini merupakan hasil kerja bersama semua sivitas akademika Untar dan menambah motivasi kami semua dalam memberikan kualitas pelayanan pendidikan tinggi kepada semua pemangku kepentingan. Selamat dan sukses untuk LLDIKTI III dan kepada Untar. Untar untuk Indonesia,” kata Rektor Untar Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan, IPU, ASEAN Eng

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!