27.3 C
Jakarta

Komando Resimen Mahasiswa Indonesia Berkomitmen Bantu TNI Kawal Pesta Demokrasi 2024

Baca Juga:

JAKARTA, MENARA62.COM – Memperingati Hari Bela Negara ke-75 tahun 2023, Komando Resimen Mahasiswa (Komenwa) Indonesia menggelar kegiatan Bincang Hebat di Studio Instream Television Streaming, Wisma Lumbini Tomang Jakarta Barat, Selasa (19/12/2023). Mengambil tema “Peran Komenwa Indonesia sebagai Komponen Pendukung TNI dalam Pertahanan Negara Menghadapi Pemilu Damai”, kegiatan Bincang Hebat tersebut diikuti oleh para staf Komenwa Indonesia dan anggota Komenwa dari berbagai wilayah Indonesia.

Tampil sebagai narasumber Asisten Teritorial (Aster) Panglima TNI Mayjen Syafei Kusno,SH,MH, Dankomenwa Indoensia Dr. Datep Purwa Saputra, MH, MBA, Pembina Menwa Dr. Wibisono SH, MH, dari Lemhanas RI Laksda TNI Rahmat, dan Mayjen TNI (Purn) Adi Sudaryanto. Bincang Hebat dimoderatori oleh praktisi public speaking dari Instream Television Streaming yang juga seorang akademisi, Sabena S.Ikom, M.Ikom yang dikenal sebagai Bena Rangkuti.

Aster panglima TNI Mayjen TNI Muhammad Syafei Kasno SH MH dalam materinya berjudul Peran Komenwa Indonesia sebagai Komponen Pendukung dalam Mendukung Komponen Utama TNI untuk Pertahanan Negara menyampaikan apresiasi atas digelarnya Bicang Hebat yang membahas bagaimana penting dan strategisnya Komenwa dalam membantu tugas TNI mempertahankan negara. Termasuk dalam menghadapi tahun pesta demokrasi 2024 yang akan datang.

Menurutnya Komenwa bersama-sama dengan TNI, merupakan garda terdepan penjaga Pancasila dan NKRI. Komenwa juga menduduki peran strategis sebagai agen perubahan, penjaga nilai, penerus bangsa, serta sebagai pengontrol sosial dalam kehidupan bermasyarakat. “Karena itu keberadaan Komenwa ini menjadi salah satu perhatian dari TNI,” kata Aster.

Terkait dengan Pemilu 2024, Aster mengimbau agar semua masyarakat menggunakan hak pilihnya. “Kalau TNI dan Polri kan sudah ditetapkan dalam aturan bahwa kita harus netral. Kita akan laksanakan tugas dan peran itu untuk menjadi alat negara netral,” tamabahnya.

Sementara itu pengamat militer yang juga pembina Menwa Dr. Wibisono SH, MH mengatakan bahwa sebagai komponen cadangan dan komponen pendukung dalam bela negara, Komenwa siap mendukung TNI untuk mengawal pesta demokrasi tahun 2024.

“Komenwa Indonesia juga bekomitmen untuk terus membantu berbagai persoalan bangsa dan negara diantaranya menciptakan generasi bangsa yang unggul dan maju,” tamabahnya.

Dalam materinya berjudul Peran Komenwa dalam Rangka Cyber Menghadapi Perang Asimetris, Wibisono juga berpendapat perlunya dihidupkan kembali Menwa di kampus-kampus di seluruh Indonesia. Sebab selama ini Menwa memiliki peran penting sebagai salah satu bagian dari komponen penjaga keamanan nasional dan ini dapat mendukung tugas-tugas TNI bahkan dapat menjadi pasukan cadangan untuk ketahanan dan bela negara. “Mereka juga mendapatkan pelatihanan militer langsung dari TNI,” katanya.

(Dari kiri ke kanan) Pengamat militer dan pembina Komenwa Dr Wibisono, Aster Panglima TNI Mayjen Syafei Kusno,SH,MH dan Dankomenwa Indoensia Dr. Datep Purwa Saputra, MH, MBA

Terlebih pada era perang asimetris seperti sekarang ini. Cyber perang asimetris yang kini menjadi perhatian TNI dan harus diwaspadai oleh seluruh kompone masyarakat membutuhkan peran Menwa untuk bersama-sama menjaga wilayah NKRI.

Sepakat dengan Dr Wibisono, Dankomenwa Indonesia Dr. Datep Purwa Saputra, MH, MBA dalam materinya berjudul Pembinaan dan Pendayagunaan Komenwa Kedepan menyampaikan tentang bagaimana marwah Menwa di Indonesia. Ia berharap agar kampus-kampus yang ada di Indonesia menghidupkan dan mengaktifkan kembali Menwa untuk bisa berperan sesuai dengan awal dibentuknya Menwa di Indonesia sebagai komponen pendukung di TNI dan juga sebagai komponen yang turut andil dalam membela negara.

Sedang Laksda TNI Rahmat dari Lemhanas RI dalam materinya berjudul Kajian Aspek Hukum Komponen Pendukung sesuai UU 23 thn 2019 dan PP 3 tahun 2021, memandang perlunya membangkitkan semangat Menwa di seluruh kampus yang ada. “Sebagai bagian dari system ketahanan negara, Menwa harus bangkit dan lebih responsif terhadap berbagai persoalan negara yang menyangkut ketahanan nasional,” tegasnya.

Pembina Komenwa Indonesia Mayjen TNI Purnawirawan Adi Sudaryanto menyampaikan apresiasinya terhadap Komenwa yang hingga saat ini terus menjaga semangatnya untuk ikut membela dan mempertahankan keamanan negara. Dalam menghadapi pemilu 2024, Komenwa juga harus berperan aktif mengingat pesta demokrasi acapkali mendatangkan situasi yang rentan terhadap keamanan dan kedamaian masyarakat,” tutupnya.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!