26.2 C
Jakarta

Penambangan Emas Tanpa Izin di Jambi Makin Marak

Baca Juga:

JAMBI, MENARA62.COM– Maraknya aktivitas PETI (penambangan emas tanpa izin) di provinsi Jambi sampai hari ini kurang mendapat perhatian serius dari pemerintah Provinsi Jambi. Ada kesan mereka tutup mata melihat persoalan ini.

Pantauan di lapangan sudah banyak sawah, rumah berubah menjadi galian. Pun air sungai sudah keruh akibat aktivitas galian PETI.

Karena itu, DPP Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) mendesak Pemprov. Jambi untuk segera turun tangan menyelesaikan masalah ini.

“Pencemaran lingkungan sudah sangat memprihatinkan. Kami minta Pemrov. Jambi turun tangan,” kata Ketua Bidang Hikmah DPD IMM Tarmizi di sela diskusi IMM Jambi bersama Himpunan Mahasiswa dan Pemuda Batang Asai (Himapaba), Senin (28/8).

Mereka juga mendesak Pemrov. segera menerbitkan peraturan daerah (Perda) terkait tambang rakyat. Dengan demikian Pemprov. bisa mengatur zona keamanan para penambang serta kontribusi kegiatan tersebut untuk daerah.

Harapan serupa juga disampaikan oleh Ketua Himapaba, Nurman Sahdi. Ia mendesak pemerintah menerbitkan Perda yang mengatur tambang rakyat. Ini penting agar kerusakan lingkungan tidak terus berlarut.

“Kami minta Gubernur Jambi Zumi Zola serius melihat persoalan ini,” tutup Nurman.(Tarmizi)

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!