30.2 C
Jakarta

Kuliah Umum KMTI UMS, Hadirkan Guru Besar Teknik Industri Universitas Sebelas Maret

Baca Juga:

 

SOLO, MENARA62.COM – Keluarga Mahasiswa Teknik Industri (KMTI) Fakultas Teknik (FT) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menggelar Kuliah Umum 1 dengan mengusung tema pembelajaran “Pengoptimalan Efisiensi Kerja Melalui Integrasi Sistem Penjadwalan dan Antropometri dalam Industri”, Kamis (9/5/2024) di Auditorium Mohammad Djazman, Kampus 1 UMS.

Ketua Umum KMTI UMS Mizan Muharya Qotrunnada pada kesempatan tersebut menyapa teman-temannya sekaligus menyampaikan harapannya atas diselenggarakannya Kuliah Umum 1 ini.

“Semoga Kuliah Umum 1 ini bisa menjadi jembatan ilmu bagi kita semua dan dapat berkah ilmunya untuk masa depan nantinya,” tambah Ketua Umum KMTI UMS itu.

Kaprodi Teknik Industri UMS Dr. Etika Muslimah, ST, MM, MT., dalam sambutannya menyampaikan bahwa kehadiran dari narasumber yaitu Guru Besar Teknik Industri Universitas Sebelas Maret (UNS) Prof. Dr. Ir. Bambang Suhardi, S.T., M.T., IPM. ASEAN.Eng dan Dosen Teknik Industri UMS Arga Seta Asmara Sakti, S.T., M.T akan dapat menambah wawasan mahasiswa.

“Jadi sangat beruntung sekali ya kita bisa menghadirkan Prof Bambang yang merupakan Guru Besar di Teknik Industri khususnya bidang Ergonomi yang tentu nanti akan banyak ilmu yang beliau akan sampaikan,” ungkap Kaprodi Teknik Industri UMS itu.

Bambang Suhardi memaparkan bagaimana Antropometri menjadi penting sebagai upaya untuk optimalisasi dan efisiensi dari tenaga kerja. Ketidaksesuaian antara tempat kerja dengan tenaga kerja memungkinkan pekerja menjadi lelah dan mengakibatkan biaya produksi yang lebih tinggi.

“Alat-alat untuk kerja itu seharusnya yang memberikan kenyamanan, work performance, keamanan, efek fisik,” paparnya.

Harapan tersebut dapat diupayakan melalui data Antropometri. Data Antropometri itu dapat berupa suku bangsa, jenis pekerjaan, pakaian, faktor kehamilan pada wanita, tingkat social dan status nutrisi, atau cacat tubuh secara fisik.

Sedangkan Dosen Teknik Industri UMS Arga Seta Asmara Sakti, S.T., M.T., menerangkan mengenai bagaimana integrasi sistem penjadwalan dapat mengoptimalkan efisiensi kerja. Sistem penjadwalan ini dapat membantu untuk mengorganisir, merencanakan sumber daya.

Kegiatan Kuliah Umum 1 ini, lanjuntya, menjadi diskusi interaktif antara narasumber dengan mahasiswa UMS. (*)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!