25.6 C
Jakarta

LAZISMU Salurkan Bantuan bagi Warga Terdampak Banjir Bandang di Lawe Beringin Gayo

Baca Juga:

KUTECANE, MENARA62.COM – Lembaga Zakat Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (LAZISMU) bersama Pimpinan Daerah Muhammadiyah Aceh Tenggara menyalurkan bantuan kepada warga Lawe Beringin Gayo Kecamatan Semadam yang terdampak banjir bandang yang terjadi Kamis malam (14/4).

Dari data yang terhimpun menyebutkan, puluhan rumah rusak berat dan sejumlah jembatan  nasional penghubung Medan – Kutecane putus. Banjir bandang tersebut menghatam lima kecamatan, diantaranya Babul Makmur, Lawe Sigala-Gala, Semadam, Bambel, dan Lawe Sumur.

Ketua LAZISMU Aceh Tenggara Bagindo Afrizal mengatakan, paket bantuan ini sesuai permintaan dari pengulu desa yang berharap ada bantuan bumbu dapur untuk warga. “Alhamdulillah kami penuhi aspirasi dari warga yang disampaikan oleh Pengulu Desa sehari sebelumnya kepada tim survei Lazismu Aceh Tenggara,” katanya Ahad (17/04)

Adapun bantuan tersebut berupa 40 karung beras @ 5 kg, 90 paket telur 1/2 papan/paket, 90 paket bumbu dapur terdiri dari sarden, minyak goreng 1 liter, gula pasir 1 kg, mie instan, bawang, cabai, garam, dan teh.

Afrizal berharap dengan disalurkannya bantuan ini dapat meringankan warga terdampak banjir bandang.

Ikut serta dalam rombongan Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Aceh Tenggara Endang Gunaidi dan Sunardi S.Pd M.Pd secara simbolis menyerahkan bantuan kepada ketua Posko Bantuan Bencana Banjir Bandang.

Darwis Hasmi ketua Posko Bantuan Bencana Banjir Bandang berterima kasih atas perhatian dan bantuan dari Lazismu Aceh Tenggara dan warga Muhammadiyah. “Semoga Allah Subhanahu wa ta’ala membalas dengan kebaikan yang berlipat ganda,” tukasnya.

Banjir bandang melanda Lawe Beringin Gayo pada hari kamis (14/4) pukul 19.58 mengakibatkan setidaknya 37 rumah rusak berat, 11 Rumah rusak sedang, 33 rumah rusak ringan dan juga rusaknya sejumlah pasilitas umum.

Hujan dengan intensitas tinggi menyebabkan naiknya debit aliran sungai lawe kinga, sungai pasir puntung, dan sungai kayu mbelin.  Jebolnya tanggul sungai Lawe Kinga dan terjadi pendangkalan serta tersumbatnya aliran air di jembatan Lawe Beringin Gayo menjadi penyebab banjir bandang tersebut.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!