30.8 C
Jakarta

Libur Panjang Nataru, Jaringan XL Axiata Siap Hadapi Lonjakan Trafik di Jabodetabek

Baca Juga:

JAKARTA, MENARA62.COM — Menjelang libur panjang Natal dan tahun baru (Nataru), PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) telah menyiapkan jaringan 4G untuk mengantisipasi lonjakan trafik di wilayah Jakarta – Bogor – Depok – Tangerang – Bekasi (Jabodetabek).

Setiap tahun, masyarakat Jabodetabek memanfaatkan masa libur panjang Nataru dengan berwisata dan berkunjung ke pusat keramaian. Penguatan jaringan data ini merupakan upaya XL Axiata untuk memastikan layanan kepada pelanggan tetap maksimal di kala musim liburan panjang. Di wilayah Jabodetabek, saat ini jaringan 4G XL Axiata telah menjangkau sedikitnya 3.334 kelurahan/desa dan 375 kecamatan di 22 kabupaten/kota.

Group Head XL Axiata Region Jabodetabek, Rd. Sofia Purbayanti, mengatakan dalam keterangannya (24/12/2022), ”Pada dasarnya, penguatan jaringan yang XL Axiata lakukan tidak hanya sekadar untuk antisipasi lonjakan trafik saat libur panjang Nataru, namun kami memang secara terus menerus akan memperkuat jaringan ke semua area layanan di Jabodetabek seiring dengan peningkatan trafik telekomunikasi dan data. Penguatan jaringan yang dilakukan berupa peningkatan kapasitas dan fiberisasi. Untuk penguatan jaringan di area-area wisata di wilayah Jabodetabek juga sebagai upaya untuk mendukung kelancaran program Bangga Berwisata diIndonesiaAja (BBWI) yang sedang digalakkan oleh pemerintah”.

Di Jabodetabek, saat ini infrastruktur jaringan XL Axiata ditopang oleh lebih dari 28.800 BTS, termasuk lebih dari 12.900 BTS 4G. Untuk mengantisipasi kenaikan trafik selama libur panjang Nataru, XL Axiata telah meningkatkan kapasitas jaringan hingga dua kali lipat lebih besar dari hari normal. Layanan di wilayah DKI Jakarta, termasuk Kepulauan Seribu ditopang oleh lebih dari 5.400 BTS 4G. Sementara itu di wilayah Kabupaten Bogor termasuk yang mengcover tempat wisata Puncak ditopang oleh lebih dari 1.400 BTS 4G.

Selain itu, XL Axiata juga telah menyiapkan tidak kurang dari 15 unit mobile BTS (MBTS) di berbagai titik lokasi yang membutuhkan dukungan penguatan kualitas sinyal, terutama di wilayah yang menjadi pusat kerumunan seperti bandar udara, terminal bus, pelabuhan laut, dan tempat wisata.

XL Axiata juga menyiapkan antisipasi jika sewaktu-waktu terjadi accident yang tidak terduga, seperti misalnya banjir, gempa bumi, dan sebagainya yang sifatnya bencana, yang berpotensi menyebabkan putusnya pasokan listrik ke BTS-BTS. Untuk itu, tim Axiata di lapangan akan bersiaga 24 jam selama masa libur ini, selain juga ada tim yang terus memantau kondisi jaringan di seluruh wilayah layanan XL Axiata melalui pusat monitoring kualitas layanan XL Axiata – Customer Experience and Service Operation Center (CE&SOC), yang berada di kantor pusat di Jakarta.

Menurut Sofia, XL Axiata memprediksi kenaikan trafik data selama Nataru di wilayah Jabodetabek akan mencapai sekitar 2-3x lipat dibandingkan rata-rata trafik pada kondisi hari normal hari biasa. Pelanggan akan banyak menggunakan beragam layanan data, terutama media sosial guna berbagi konten. Pelanggan juga diprediksi akan lebih banyak mengakses layanan streaming baik video, musik, maupun gim, yang memerlukan kapasitas besar.

XL Axiata memberikan perhatian di area wisata populer yang biasanya ramai dikunjungi masyarakat. Beberapa di antaranya adalah Kawasan Puncak, Taman Impian Jaya Ancol, Pantai Pasir Putih di Pantai Indah Kapuk, Taman Mini Indonesia Indah, Kebun Binatang Ragunan, pusat perbelanjaan, dan juga wisata bahari di Kepulauan Seribu. Selain itu, penguatan jaringan juga dilakukan di pusat keramaian di perkotaan, Pelabuhan Tanjung Priok, Bandara Halim Perdana Kusuma dan jalan tol dalam kota, jalan tol lingkar luar yang terhubung dengan Tangerang – Merak, dan jalan tol ke Bandara Soekarno Hatta, jalan tol baru Serpong-Balaraja serta jalan tol Jagorawi dan jalan Tol Cikampek. (*)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!