28.3 C
Jakarta

Lazismu Usung Produk Unggulan Ecoprint di Zakat Expo 2022

Baca Juga:

 

JAKARTA, MENARA62.COM – Indonesia Giving Fest – Zakat Expo 2022 resmi dibuka pada Jumat (23/12) di Tennis Indoor Senayan, Jakarta. 199 Organisasi Pengelola Zakat (OPZ) termasuk Lazismu turut serta dalam gelaran yang akan berlangsung selama tiga hari dari Jumat hingga Ahad (23-25/12) ini untuk menampilkan program-program inovatif yang berdampak positif bagi umat. Mengusung tema The Superb Beginning of Zakat Expo 2022, Indonesia Giving Fest – Zakat Expo 2022 diresmikan langsung oleh Drs. H. Tarmizi Tohor, MA selaku Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Bimas Islam Kementerian Agama RI.

Edi Muktiono, Direktur Fundraising Lazismu Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menjelaskan, keikutsertaan Lazismu dalam ajang ini adalah untuk lebih mengenalkan beragam program yang telah dijalankan oleh Lazismu. Dengan enam pilar program yang dimilikinya, Lazismu ingin menjelaskan kepada publik agar memahami lebih jauh kiprah Lazismu selama ini.

Lazismu memiliki enam pilar program, di antaranya adalah pendidikan, kesehatan, ekonomi, sosial dakwah, kemanusiaan, serta lingkungan. Dengan berbagai macam turunan dari masing-masing pilar program tadi, Lazismu berkepentingan untuk dapat menjelaskan kepada masyarakat secara masif, secara lebih luas lagi terhadap program-program yang dimilikinya, agar masyarakat mengetahui program-program unggulan Lazismu dan program-program yang sangat bermanfaat untuk masyarakat. Lazismu telah berkiprah banyak sekali di tengah-tengah masyarakat di enam pilar program tersebut,” jelas Edi.

Edi melanjutkan, pihaknya menampilkan produk unggulan yaitu ecoprint. Seperti diketahui sebelumnya, produk ecoprint yang dihasilkan melalui program Pemberdayaan Ecoprint telah mengantarkan Lazismu meraih penghargaan Pemenang Terbaik I Kategori Filantropi dalam Indonesia‘s SDGs Action Awards 2022 yang diselenggarakan Pemerintah Republik Indonesia. Selain itu, aksi-aksi Muhammadiyah melalui Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) dalam penanganan kebencanaan yang didukung oleh Lazismu juga turut dipublikasikan dalam acara ini.

“Kita menampilkan banyak produk, di antaranya adalah produk unggulan ekonomi yaitu ecoprint, kemudian juga produk-produk lainnya agar diketahui oleh masyarakat secara luas. Kemudian juga akhir-akhir ini banyak bencana yang sangat memprihatinkan bagi masyarakat, maka kita juga tampilkan, kita berikan layanan kebencanaan terhadap masyarakat secara luas. Ini harus kita publikasikan kepada masyarakat agar program-program yang telah dilakukan oleh Lazismu bekerja sama dengan MDMC dalam rangka untuk memberikan bantuan kebencanaan, agar masyarakat luas mengetahui,” ungkapnya.

Terakhir, Edi mengungkapkan bahwa melalui Zakat Expo 2022 ini masyarakat bisa mengenali secara langsung produk dan layanan terbaik yang ditampilkan oleh berbagai OPZ. Dengan demikian, masyarakat pun bisa memilih OPZ yang sesuai dalam penyaluran zakat, infak, dan sedekah. “Saya mengajak kepada masyarakat untuk bisa mengikuti atau datang ke IGF (Indonesia Giving Festival) atau lebih dikenal dengan Zakat Expo 2022 ini di Lapangan Tenis Indoor Senayan Jakarta. Jangan lupa kunjungi stand Lazismu, di sana banyak program-program yang bermanfaat. Salurkan zakat, infak, dan sedekah ke Lazismu, Memberi Untuk Negeri,” pungkasnya.

Budiman, salah satu pengunjung Zakat Expo 2022 yang mampir ke stand Lazismu mengaku tertarik dengan program yang ditawarkan. Program Qurban Kemasan atau RendangMu ternyata menyita perhatiannya. Menurutnya, banyak manfaat yang bisa diambil dari program ini, terutama dapat disalurkan ke daerah yang membutuhkan.

“Saya sangat tertarik dengan qurban dalam bentuk rendang. Biasanya kalau Idul Qurban itu banyak daging, harus habis dalam 3 sampai 4 hari saat pemotongan. Itu kan mubazir. Saya setuju kalau dibikin rendang, walaupun banyak dari masyarakat kita yang kalau tidak memberikan langsung, itu tidak afdhal. Manfaatnya lebih banyak kalau dikalengkan,” ujarnya.

Lazismu hadir di stand nomor 61 dalam gelaran Zakat Expo 2022 ini. Para pengunjung bisa mendapatkan penjelasan mengenai berbagai program menarik Lazismu, produk unggulan, layanan zakat dan infak, serta berkesempatan mendapatkan bingkisan menarik. Samu dan Domu, ikon qurban Lazismu juga hadir memeriahkan dan menyapa pengunjung.

[Kelembagaan dan Humas Lazismu PP Muhammadiyah]
- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!