25.2 C
Jakarta

  Literasi Gizi : Belajar dari Polemik Kasus Susu Kental Manis

Baca Juga:

DEPOK, MENARA62.COM — Pusat Kajian Gizi dan Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia mengadakan seminar sehari gizi. Acara bertema Literasi Gizi : Belajar dari Polemik Kasus Susu Kental Manis (SKM), berlangsung di ruang promosi FKM UI, Depok pada Jumat (10/8/2018).

“Kegiatan ini tak lepas dari upaya untuk mencoba mengkaji isu- isu gizi dan kesehatan yang relevan dan sedang terjadi polemic di masyarakat,” ujar Ir Ahmad Syafiq Msc PhD selaku Kepala Pusat Kajian Gizi dan Masyarakat sekaligus penyelenggara.

Menurut dr Kusdinar Ahmad, MPH, Ketua Program Studi Gizi, gizi merupakan masalah yang harus ditanggulangi bersama. Bicara mengenai literasi gizi di masyarakat, pada praktik di lapangan perlu ada evidence base dan juga data mengenai literasi gizi di masyarakat. Kusdinar melihat tingginya antusias peserta yang hadir. Jumlahnya 250 orang, yang berasal dari berbagai perguruan tinggi dan instansi lainnya. Kusdinar berharap forum literasi gizi ini perlu dilakukan secara berkesinambungan.

Hal senada diungkapkan pula oleh dr Agustin Kusumayanti MSc PhD, Dekan FKM-UI.  Ia sudah lama menantikan adanya unit atau semacam kelompok atau peer grup yang dapat memberi respons secara cepat dan tepat terhadap isu-isu yang membingungkan masyarakat.

“Isu-isu yang beredar banyak memengaruhi sikap masyarakat, terutama mereka yang memiliki pengetahuan setengah-setengah. Maka itu, tugas kita bersama untuk memberikan penguatan, memberikan informasi yang cepat dan tepat, sehingga masyarakat bisa mengambil dengan cepat dan tepat berkaitan dengan masalah gizi dan kesehatan. Hal ini dapat menyelamatkan masyarakat dari keputusan yang keliru,” ujarnya.

Para pembicara yang hadir antara lain :  Ir Ahmad Sulaeman, MS (SKM dari Sisi Kategori dan Teknologi Pangan),  Ir Ahmad Syafiq MSc PhD (Perbandingan Kandungan Gizi SKM dan Susu Lain SKM), Dr Marudut Sitompul MPS (Hubungan SKM dengan Penyakit Kronis), Prof Dr Ir Hardinsyah MS (Pola Konsumsi SKM di Masyarakat), Dr Drg Sandra Fikawati MPH (Lessons Learned Edukasi Gizi di Sekolah).

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!