25.5 C
Jakarta

LLHPB PWA Jateng Adakan TOT Kesiapsiagaan Bencana bagi Pengelola dan Pendidik

Baca Juga:

JEPARA, MENARA62.COM — Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana (LLHPB) Pimpinan Wilayah Aisyiyah (PWA) Jawa Tengah mengadakan TOT Kesiapsiagaan Bencana, yang diadakan pada 16-18 Februari 2018. Diklat yang ditujukan bagi pengelola dan pendidik, bertempat di SMK Muhammadiyah Mlonggo dan Pantai Blebak Jepara.

Menurut Lilik Tri Prihantini (ketua LLHPB PWA Jateng),  acara ini diadakan karena mengingat pentingnya  kesiapsiagaan bencana bagi segala umur maka dibutuhkan fasilitator yang handal untuk menyiapkan kader terdidik dalam kesiapsiagaan bencana yang berupa korp fasilitator yang memadai dan perlunya rescuer untuk respon cepat. Dan tema kegiatan ini adalah “Dengan TOT Kita Kuatkan Mental dan Spiritual di Medan Bencana,” ujarnya.

“Strategi TOT dengan praktek water rescue bagi pengelola kebencanaan dan pendidik dengan membentuk korps fasilitator dan membentuk rescuer Aisyiyah di tingkat wilayah,” ungkapnya lagi.

Acara pembukaan TOT diawali dengan sambutan PWA oleh wakil ketua  3 koordinator bidang LLHPB, DR Hj Chusnul Hayati dengan menyampaikan Fikih Air dan kondisi daeah rawan bencana di Jateng.

Setelah sambutan dari PWA dilanjutkan materi  dari MDMC Jateng, Naibul Umam Eko Sakti SAg MSi dengan materi sinergisitas LLHPB dan MDMC. Sriyono SPdI dengan materi intervensi psikososial, teknik pendampingan psikososial. Ninin,S.Th I (fikih kebencanaan, assesment psikososial serta pengantar sekolah cerdas), Indah safari (dampak bencana, dukungan psikososial) , serta Syifaul Arifin (sekolah cerdas).

Acara  pembukaan dihadiri oleh :

Muspika  : PWA, MDMC Jateng, PDM, PDA,PCA, kepala  AUM/AUM Mlonggo, camat, kapolsek serta danramil  Mlonggo.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!