31.9 C
Jakarta

Mahasiswa Prodi Akuntansi FEB UMS Raih Juara 1 di Accounting Intelligence Fair 2023, Universitas Sumatera Utara

Baca Juga:

 

SOLO, MENARA62.COM – Tim mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) menorehkan prestasinya di Accounting Intelligence Fair (AIF) 2023, Competition Of National Accounting Economic Through Innovation (CONCERN) di Universitas Sumatera Utara (USU).

Tiga mahasiswa berprestasi dari Prodi Akuntansi FEB UMS adalah Idham Akbar Rachmadiansyah, Fania Maulida Pangesti, dan Bagas Tirta Syech Maulana berhasil meraih juara 1 dengan menuliskan karya tulis “Berkelanjutan Di Era Digital: Inovasi Pengembangan Teknologi Untuk Optimasi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) 4.0”.

Ide dari karya tulis tersebut berawal dari pengamatan Idham saat mengikuti kegiatan Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) di Desa Jarum, Klaten. “Permasalahan utama yang ada di sana itu tidak adanya inovasi integrasi teknologi digital,” kata Idham saat ditemui, Jumat (24/11).

Sehingga mendorong Idham untuk mengamati dan menawarkan solusi kepada masyarakat desa Jarum.

Idham juga menerangkan, bahwa metode penjualannya, masih menggunakan metode konvensional, belum memanfaatkan aplikasi ataupun website. Begitu pula dengan pencatatan keuangan di sana yang masih konvensional.

Pada perlombaan yang diselenggarakan pada 16-17 November, tim dari UMS ini menawarkan tiga produk untuk menyelesaikan permasalahan di Desa Jarum. Tiga produk tersebut berupa website, prototype aplikasi, dan prototype report kit.

Tim tidak menawarkan metode pemasaran melalui e-commerce Shopee, Lazada, dan lainnya, karena tidak sesuai dengan permasalahan di sana. “Tapi karena batik di sana masih tradisional, tradisional itu menggunakan tangan ya, itu harganya mahal. Nah apabila dijual melalui e-commerce itu nanti harganya bersaing sama yang ibaratnya harganya lebih murah,” terang mahasiswa Akuntansi itu.

Masyarakat di desa itu juga bercerita kepada Idham, bahwa penjualan melalui e-commerce tidak begitu banyak.

Setelah melalui tahapan seleksi dimulai dari seleksi abstrak hingga penyelesaian karya tulis, tim UMS menjadi 3 finalis terpilih yang berkesempatan untuk memaparkan karyanya secara langsung di Universitas Sumatera Utara (USU).

Idham Akbar Rachmadiansyah, Fania Maulida Pangesti, dan Bagas Tirta Syech Maulana memperlihatkan tropi dan piagam juara 1 di Accounting Intelligence Fair (AIF) 2023, Competition Of National Accounting Economic Through Innovation (CONCERN) di Universitas Sumatera Utara (USU)

Dia merasa gugup, namun antusias dengan apa yang akan mereka lalui karena dari 3 finalis itu, tim UMS mendapatkan giliran terakhir. Dua tim lain membawakan aplikasi sedangkan UMS membawakan lainnya. “Sedangkan tim kami kan ada tiga produk, website, aplikasi, dan financial report kit. Jadi kami kayak lebih percaya diri bisa menang. Nah pas maju juga abis presentasi dipuji sama jurinya bahwa paper ini tuh sangat well prepared dibanding tim sebelumnya,” ujar Idham.

Dalam menyelesaikan papernya, Idham dan teman-teman dibimbing oleh Dosen Akuntansi FEB UMS yaitu Laila Oshiana Fitria A’zizah, S.E., M.Sc. Idham sendiri berharap mahasiswa lain di Prodi Akuntansi bisa mengikuti jejaknya untuk mengikuti perlombaan di luar kota/pulau. “Bisa menjadi motivasi mereka supaya banyak yang mengikuti perlombaan-perlombaan yang dapat meningkatkan akreditasi dari Prodi Akuntansi dan universitas,” harapnya. (*)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!