32.6 C
Jakarta

Mengintip Dapur Berita, Mahasiswa Komunikasi Unismuh Kunjungi Studio TVRI Sulsel

Baca Juga:

MENARA62.COM, MAKASSAR – Mahasiswa Ilmu Komunikasi (Ikom) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar angkatan 2023 semester 2 menunjukkan antusiasme tinggi dalam mempelajari dunia jurnalistik. Hal ini terlihat dalam kegiatan kuliah lapangan yang mereka lakukan di Studio TVRI Sulawesi Selatan (Sulsel) pada Kamis pagi (13/6/2024).

Dipimpin oleh dosen pengampu Dr Muhammad Yahya, MSi. dan Dr Syukri, SSos, MSi, para mahasiswa ini berkesempatan untuk melihat langsung proses produksi siaran berita di TVRI Sulsel. Mereka diajak berkeliling ke berbagai ruangan, mulai dari ruang teknik, studio, hingga redaksi.

Di ruang teknik, para mahasiswa mendapatkan penjelasan mengenai cara kerja alat-alat yang digunakan untuk siaran berita, seperti kamera, lighting, dan audio. Mereka juga berkesempatan untuk mencoba menggunakan alat-alat tersebut.

Di studio, para mahasiswa melihat langsung proses pengambilan gambar dan pembacaan berita. Mereka juga mendapatkan penjelasan mengenai bagaimana cara menyusun acara berita dan cara agar berita terlihat menarik bagi pemirsa. Di redaksi, para mahasiswa belajar tentang bagaimana cara menulis berita dan mengedit video. Mereka juga diajari tentang bagaimana cara menjaga kode etik jurnalistik.

Kuliah lapangan ini memberikan pengetahuan dan pengalaman langsung kepada para mahasiswa tentang bagaimana proses produksi siaran berita dan kerja jurnalis televisi. Hal ini diharapkan dapat membantu mereka dalam memahami dunia jurnalistik dengan lebih baik dan mempersiapkan mereka untuk menjadi jurnalis yang profesional.

Manfaat Kuliah Lapangan

Dr. Muhammad Yahya, M.Si., dosen pengampu mata kuliah Dasar-Dasar Jurnalistik, mengatakan bahwa kuliah lapangan ini sangat bermanfaat bagi para mahasiswa.

“Kuliah lapangan ini memberikan pengetahuan dan pengalaman langsung kepada mahasiswa tentang bagaimana proses produksi siaran dan kerja jurnalis televisi bekerja di kantor redaksi,” ujar Dr Yahya.

Dia menambahkan, kegiatan ini juga membantu mahasiswa untuk memahami dunia jurnalistik dengan lebih baik dan mempersiapkan mereka untuk menjadi jurnalis yang profesional.

Sementara itu, Dr Syukri, SSos, MSi dosen pengampu mata kuliah lainnya, mengatakan bahwa kuliah lapangan ini juga membantu mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan mereka dalam berkomunikasi dan bekerja sama dengan orang lain.

“Kegiatan ini juga membantu mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan mereka dalam berkomunikasi dan bekerja sama dengan orang lain,” ujar Dr. Syukri.

Mahasiswa Antusias

Salah satu mahasiswa peserta kuliah lapangan, Mu Fadjrin, mengatakan bahwa dia sangat antusias dengan kegiatan ini.

“Kunjungan ke studio TVRI Makassar ini memberi saya kesempatan mengamati langsung aktivitas jurnalis, dan menjadi model mempelajari komunikasi,” ujar Mu Fadjrin.

Dia menambahkan, kegiatan ini juga membantunya untuk memahami bagaimana proses produksi berita, baik berita non-digital maupun digital.

“Betapa asyiknya melihat proses di balik proses produksi berita, baik berita non-digital maupun digital,” tambah Mu Fadjrin.

Kegiatan ini ditutup dengan tur melihat ruang podcast dan berfoto bersama di lantai 1. Para mahasiswa terlihat senang dan antusias dengan apa yang mereka pelajari selama kuliah lapangan ini.

Laporan: Chechil Dwi Julianti Mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP Unismuh Makassar.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!