26.9 C
Jakarta

Menko PMK Apresiasi Kinerja Tim INA-EMT di Turki

Baca Juga:

 

HASSA, MENARA62.COM – Memasuki pekan kedua respon bencana gempa bumi Turkiye dan Suriah, Tim INA-EMT mendapatkan kunjungan rombongan Pemerintah Indonesia, Rabu (22/02/2023).

Selepas tiba dan bermalam di Kota Adana pada hari Rabu (22/2), rombongan Pemerintah Indonesia yang terdiri dari Menko PMK Muhadjir Effendy, Kepala BNPB Suharyanto, Ketua Komisi VIII DPR RI Ashabul Kahfi, Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Diah Pitaloka, Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Marwan Dasopang, Sekretaris Menko PMK Andie Megantara, Deputi Operasi Pencarian dan Pertolongan Basarnas Ribut Eko Suyatno, Deputi PIP Bidang Polhikam Kemenko PMK Iwan Taufiq Purwanto, Inspektur Utama BNPB Tetty Saragih, Asdep Kedaruratan dan Manajemen Pasca Bencana Nelwan Harahap, Kasum TNI Bambang Ismawan beserta jajaran, serta Kadivhubnter Polri Krishna Murti beserta jajaran bertolak menuju Rumah Sakit Lapangan Tm INA-EMT di Kota Hassa, Provinsi Hatay didampingi Duta Besar LBBP Republik Indonesia untuk Turkiye Lalu Muhammad Iqbal beserta jajaran KBRI Ankara.

Dalam kunjungannya tersebut, rombongan yang dipimpin langsung Menko PMK juga menyerahkan bantuan tahap 3 dari Pemerintah Indonesia. Bantuan seberat 140 ton tersebut berupa kebutuhan-kebutuhan dasar, genset, dsb. Selain itu, terdapat bantuan USD 1 juta yang akan diberikan kepada Pemerintah Suriah untuk penanganan gempa di sana.

Menko PMK Muhadjir Effendy menyampaikan bahwa Pemerintah Indonesia akan terus memberikan dukungan dan bantuan, baik personil maupun logistik, salah satunya Tim INA-EMT yang bertugas pada sektor kesehatan.

“Mewakili bapak presiden dan seluruh rakyat Indonesia, kami turut berduka cita atas bencana yang menimpa Turkiye dan Suriah. Kita mendoakan agar seluruh korban bisa ditemukan dengan selamat dan juga semoga Turkiye bisa segera bangkit kembali menjadi lebih kuat dari sebelumnya,” ujar Muhadjir.

Ia juga mengapresiasi kinerja Tim INA-EMT, termasuk Tim EMT Muhammadiyah dengan 23 personilnya yang sampai saat ini telah melayani lebih dari seribu warga terdampak gempa dan mendapatkan apresiasi dari Presiden Turkiye Recep Tayyip Erdogan.

“Kami mengapresiasi Tim INA-EMT yang telah berusaha sekuat tenaga sejak masih berada di Indonesia untuk persiapan hingga saat ini berada di Turkiye. Mudah-mudahan, bantuan yang kita berikan bermanfaat bagi masyarakat Turkiye yang sedang tertimpa musibah,” imbuhnya.

Di sela-sela kunjungannya di Rumah Sakit Lapangan INA-EMT, Menko PMK beserta rombongan juga meninjau seluruh fasilitas rumah sakit lapangan. Tak lupa ia juga memberikan secara langsung bantuan kepada anak-anak terdampak gempa dan Pemerintah Provinsi Hatay.

Corona Rintawan selaku Wakil Ketua Tim INA-EMT sekaligus Koordinator Tim EMT MuhammadiyahIndonesia menyambut secara langsung kehadiran rombongan Pemerintah Indonesia. Ia bersama dengan jajaran Tim INA-EMT menjelaskan berbagai layanan yang sudah dilakukan Tim INA-EMT. (Ulinuha/EMTMuh)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!