30.8 C
Jakarta

Menparekraf Optimistis ‘Visit Beautiful West Sumatra 2023’ Tingkatkan Kunjungan Wisatawan

Baca Juga:

JAKARTA, MENARA62.COM – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi program “Visit Beautiful West Sumatra 2023” yang potensial mampu meningkatkan kunjungan wisatawan ke provinsi yang dikenal dengan keindahan alam juga budayanya itu.

“Saya mengapresiasi Provinsi Sumatra Barat yang terus bergerak dan berinovasi dalam memajukan pariwisata dan ekonomi kreatif melalui ‘Visit Beautiful West Sumatra 2023’ yang merupakan tahun kunjungan wisata Sumatra Barat serta mendukung Gerakan berwisata #DiIndonesiaAja,” ujar Menparekraf Sandiaga Uno dalam “The Weekly Brief With Sandi Uno” yang berlangsung secara hybrid dari Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin (30/1/2023).

“Visit Beautiful West Sumatra 2023” digagas oleh Wahyu Purnama dari kantor perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatra Barat bersama dengan Pemprov Sumatra Barat dan pegiat pariwisata . ‘Visit Beautiful West Sumatra’ merupakan program aktivasi pascapendemi dalam meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan dan mendorong nilai ekonomi serta membuka lapangan kerja pada semua sektor pariwisata yang ada.

Ada tiga daya tarik utama wisatawan datang ke Sumatra Barat. Yakni ‘Budaya Nan Khas’, ‘Makanan Nan Lamak dan Lamak Bana’, serta ‘Alam Nan Indah’. Ketiganya dibungkus dalam Calendar of Event & Digital Book yang dapat diakses lewat scan QR atau website www.visitbeautifulwestsumatra.id.

“Selamat dan sukses untuk program aktivasi ‘Visit Beautiful West Sumatra’ tahun ini. Kami berharap gerakan ini dapat menebar harapan dan semangat kebangkitan pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia,” kata Sandiaga.

Wakil Gubernur Sumatra Barat, Audy Joinaldy, mengatakan, tahun kunjungan pariwisata Sumatra Barat ini dihadirkan untuk mendorong kinerja sektor pariwisata dan juga ekonomi kreatif di Sumatra Barat yang terus tumbuh.

Total ada 85 event yang akan berlangsung sepanjang tahun 2023 di 19 kabupaten/kota di Sumatra Barat. Antara lain Tour de Singkarak, Festival Saribu Rumah Gadang, Pacu Itiak, Pacu Jawi, Tabuik, dan masih banyak lagi.

“Kami prediksi pariwisata kita akan naik di tahun 2023. Atas dasar itulah kita menggagas ide Visit Beautiful West Sumatra 2023. Kita sebelumnya fokus di turis domestik, kita punya 8,2 juta wisatawan yang ketika COVID-19 hilang setengahnya. Nah, tujuan kami setidaknya kami ingin mengembalikan setengahnya lagi di tahun 2023 ini,” kata Audy.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Kepala Kantor Perwakilan BI Sumatra Barat, Wahyu Purnama; Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf, Ni Made Ayu Marthini, serta sejumlah pejabat eselon I dan II di lingkungan Kemenparekraf/Baparekraf baik secara daring maupun luring.*

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!