30.2 C
Jakarta

Menteri Puan Ajak Masyarakat Kawal Dana Desa

Baca Juga:

KLATEN, MENARA62.COM–Pemerintah terus berupaya menaikkan dana desa. Tercatat tahun 2015 dana Desa yang telah disalurkan adalah sebesar 20,7 Triliun, Tahun 2016, Rp46,9 Triliun; dan meningkat menjadi Rp60 triliun pada tahun 2017.

Dengan peningkatan dana desa tersebut, Menko PMK Puan Maharani berharap dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.

“Supaya efektif, mari kita kawal bersama dana desa yang ada,” kata Puan saat memberikan sambutan di Gedung Banyu Panguripan di Desa Ponggok Kecamatan Polan Harjo Kabupaten Klaten, Senin (14/8).

Menko PMK mengawali kegiatan di Desa Ponggok dengan melakukan peninjauan di Umbul Ponggok dan Umbul Ciblon. Di sana Menko PMK berbincang  dengan Kepala Desa Ponggok,  Jumadhi Mulyono, mengenai BUMDes dan potensi yang ada di desa ponggok.

Menko PMK juga melakukan penandatanganan prasasti peletakan batu pertama di Umbul Ciblon sebagai wahana edukasi. Umbul ponggok ini merupakan hasil kerja sama BUMDes dengan bank BNI. Menko PMK berharap bahwa potensi BUMDes yang ada di Desa Ponggok dapat menjadi contoh bagi desa lainnya.

“Mudah-mudahan apa yang ada di Desa Ponggok Insya Allah bisa di tularkan ke desa-desa lain di seluruh Indonesia,” harap Menko PMK.

Saat ini pemerintah terus melakukan upaya untuk meningkatkan kemempuan masyarakat desa, perangkat dan pendamping desa agar berperan sebagai katalisator pembangunan desa.

“Pemerintah Pusat mempunyai komitmen yang kuat dalam pembangunan desa, sehingga dalam kesempatan pertemuan ini, Saya selaku pemerintah pusat juga ingin mendengarkan dan mendapat masukan dari masyarakat desa ponggok untuk perbaikan kebijakan pemerintah ke depannya,” tutup Puan.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!