27 C
Jakarta

Nasyi’atul ‘Aisyiyah Pilih Joyotakan sebagai Desa Binaan Ecobhinneka Surakarta

Baca Juga:

SOLO, MENARA62.COM – Bertempat di Aula Kelurahan Joyotakan, tim Eco Bhinneka Nasyi’atul ‘Aisyiyah mengadakan sosialisasi program di kelurahan Joyotakan kecamatan Serengan, Sabtu (11/06/2022). Kegiatan ini dihadiri 21 peserta dari para ketua RW, penggerak PKK dan kegiatan di kelurahan Joyotakan dan beberapa tokoh penggerak kegiatan masyarakat seperti PKK, Pimpinan Cabang Muhammadiyah dan Pimpinan Cabang ‘Aisyiyah serta penggerak pengajian.

Penunjukan Joyotakan sebagai Desa Binaan Eco Bhinneka sudah melalui tahapan survei. Eco-Bhinneka adalah Program yang di prakarsai Pimpinan Pusat Nasyi’atul ‘Aisyiyah dan diturunkan pada Pimpinan Daerah Nasyi’atul ‘Aisyiyah Kota Surakarta sebagai pelaksana. Program Eco-Bhinneka ini merupakan program yang berfokus pada lingkungan dengan tujuan menjaga kerukunan antar umat beragama. Setelah sesi sosialisasi para perwakilan tokoh yang diceritakan juga menyampaikan program-program yang sekiranya dapat dijadikan program kerjasama dengan Eco-Bhinneka ini, serta beberapa kendala terkait lingkungan seperti limbah, atau pemilahan sampah yang belum tersolusi dengan baik. Selain itu pada salah satu poin program yaitu Saudaranya Sepiring, memiliki tujuan pengurangan sampah dapur dan mendorong berkurangnya angka stunting.

Ibu Lumayani selaku peserta menyampaikan harapannya untuk dapat bekerjasama pada program yang menyasar pada remaja dan wanita, yang diantaranya pengurangan angka stunting menjadi salah satu fokus program. Karena edukasi pada taraf remaja maupun calon pengantin. Selain itu usulan warga, perwakilan kelurahan yakni  Joko Nurmanto, S.Sn juga menyampaikan program yang telah ada di Joyotakan baik yang sudah berjalan baik maupun yang berpeluang kerjasama dengan Ecobhinneka. Program yang sekiranya dapat diajak kerjasama agar program tersebut semakin efektif untuk memberdayakan masyarakat.

Acara lanjutan dari sosialisasi ini dilanjutkan dengan program srawung warga, yang akan digelar 25 Juni 2022 mendatang guna memberikan pelatihan kepada warga tentang kebutuhan-kebutuhan yang telah disampaikan pada acara sosialisasi ini. (*)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!