30 C
Jakarta

Nasyiatul Aisyiyah Selenggarakan Posyandu Remaja “Pashmina” untuk Remaja Penyintas Banjir Bima

Baca Juga:

BIMA, MENARA62.COM— Pimpinan Pusat Nasyiatul Aisyiyah (PPNA) dengan dukungan dari Lazismu menyelenggarakan Posyandu Remaja PASHMINA (Pelayanan Remaja Sehat Milik NA) untuk remaja penyintas banjir Bima di halaman masjid SMA Muhammadiyah Kota Bima, Senin (6/2/2017).

Sebanyak 50 orang remaja siswa-siswi SMA Muhammadiyah, MA Muhammadiyah, dan SMK Kesehatan ‘Aisyiyah Kota Bima, mendapatkan layanan PASHMINA berupa cek indeks massa tubuh (IMT), cek Hb, konseling kesehatan reproduksi, konseling psikologi, pemberian makanan bergizi, serta edukasi melalui seminar kespro. Pemberi layanan PASHMINA adalah guru SMA Muhammadiyah Kota Bima, dosen STAI Muhammadiyah Bima, serta petugas kesehatan PKU Muhammadiyah Bima.

Husnul Khotimah, Ketua Bidang Pendidikan Pimpinan Pusat Nasyiatul Aisyiyah mengatakan, layanan posyandu remaja PASHMINA ini merupakan bentuk dukungan psikososial pasca bencana untuk remaja di Bima yang terdampak banjir bandang pada 21 dan 23 Desember 2016 lalu.

Menurut Husnul, remaja termasuk kelompok yang dapat mengalami kerentanan psikologis akibat bencana.

“Di PASHMINA kita menyediakan konseling psikologi, harapannya dapat meminimalisir dampak psikososial pasca bencana yang mungkin terjadi”, ujarnya.  Ia menambahkan, “Sehingga bencana tidak menjadikan kita lemah, tapi justru menjadikan diri kita menjadi lebih kuat.”

Husnul mengatakan PASHMINA juga menyediakan akses informasi kesehatan, konsultasi kespro, makanan bergizi, serta konsultasi perkembangan diri remaja.

“Dengan begitu perkembangan fisik dan psikisnya dapat terpantau,” papar Husnul.

Sebelumnya, Pimpinan Pusat Nasyiatul Aisyiyah dan LazisMu telah menyerahkan bantuan school kit untuk pelajar terdampak banjir Bima, dengan total hasil penggalangan donasi sebanyak 1000 school kit.

–Ni’matul Azizah–

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!