31.6 C
Jakarta

Nelayan Karawang Mengeluhkan Banyaknya Perompak

Baca Juga:

BANDUNG, MENARA62.COM– Banyak nelayan di Karawang Jawa Barat yang menjadi korban perompakan. Mereka dicegat ditengah laut dan hasil tangkapannya dijarah.

Sekretaris Daerah Jawa Barat Iwa Karniwa seperti dilansir Antara mengakui perompakan yang menimpa para nelayan tersebut banyak terjadi di Pantai Utara.

“Ternyata banyak nelayan di Karawang yang berlayar jauh, pulangnya dicegat (oleh perompak) dan hasil tangkapannya dijarah,” katanya di Gedung Sate Bandung, Kamis (04/05/2017).

Iwa mengatakan keluhan dan curhatan soal perompakan ini diutarakan oleh para nelayan ketika dirinya menggelar dialog dengan 500 masyarakat nelayan di Desa Sukajaya, Cilamaya Kulon, Karawang beberapa waktu lalu.

Ia menuturkan persoalan ini juga sudah diketahui semua pihak khususnya aparat keamanan.

Oleh karena itu, ia ingin memastikan bahwa kepolisian perairan saat ini sudah mulai mengintensifkan patrol di wilayah yang dianggap rawan perompak. Terutama untuk menjaga nelayan yang berlayar ke laut dalam.

Walaupun mengeluhkan, kata Iwa, para nelayan mengaku sulit mengindentifikasi identitas perompak apakah masih berasal dari wilayah utara Jabar atau daerah lain.

“Hal ini juga sudah dilaporkan ke HSNI pusat dan saya mengajak agar nelayan mulai mengikuti program asuransi nelayan yang tengah digenjot oleh pusat,” kata Iwa yang juga dewan pembina Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HSNI) Jawa Barat.

Menurut dia perlu terus adanya bantuan hukum dan nelayan terkait masalah yang bisa terjadi di tengah laut.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!