34.1 C
Jakarta

Orientasi Kader Aksi Bergizi Sehat Berkemajuan di Kuningan dan Cirebon

Baca Juga:

 

 

KUNINGAN, MENARA62.COM – Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan Aksi Bergizi Sehat Berkemajuan yang dilakukan atas dasar Kemitraan antara Persyarikatan Muhammadiyah melalui Majelis Pembinaan Kesehatan Umum (MPKU) PP Muhammadiyah bersama Kementerian Kesehatan RI melalui Direktorat Promosi Kesehatan Dirjen Kesmas. Kegiatan Orientasi dilakukan di Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Kegiatan ini dilakukan pada hari Rabu-Kamis, 8-9 November 2023 di SMK Muhammadiyah 2 Kuningan, Jawa Barat.

Aksi Bergizi Sehat Berkemajuan merupakan salah satu kegiatan promosi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat dalam upaya penurunan stunting di Sekolah maupun Pondok Pesantren Muhammadiyah di empat provinsi di Indonesia, yaitu Sumatera Utara, Jawa Barat, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Barat melalui beberapa kegiatan yaitu gerakan meningkatkan cakupan konsumsi Tablet Tambah Darah (TTD) pada remaja putri di sekolah, madrasah dan pesantren Muhammadiyah yang dilakukan setiap pekan yang terdiri dari 4 aktivitas yaitu minum TTD, sarapan sehat halalan thayibban, aktifitas fisik dengan senam bersama dan edukasi kesehatan.

Kegiatan Aksi Bergizi Sehat Berkemajuan ini sangat didukung oleh Majelis Pembinaan Kesehatan Umum (MPKU) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Barat dibuktikan dengan MPKU PWM Jawa Barat mendonasikan sebanyak 480 butir telur omega ke Kabupaten Kuningan dan sebanyak 1.120 butir untuk Kabupaten Cirebon dengan target penerima manfaat adalah seluruh siswi/siswa yang mengikuti kegiatan Aksi Bergizi Sehat Berkemajuan di sepuluh (10) sekolah.

Dalam sambutannya, Ketua MPKU Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Kuningan, dr. Arif Wahyu, Sp.OT menyampaikan bahwa remaja adalah aset bangsa. Maka dari itu, mereka harus jaga kesehatannya. “Untuk itulah kegiatan Aksi Bergizi Sehat Berkemajuan ini dilaksanakan. Semoga semua rangkaian kegiatan ini berjalan lancar dan dapat membentuk kader yang kompeten tentunya dalam upaya menjaga kesehatan remaja sebagai generasi penerus bangsa,” harap Arif Wahyu.

dr. Marti Rahayu DK, MKM dari Kemenkes RI Direktorat Promosi Kesehatan Dirjen Kesmas menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan dalam upaya mencegah stunting dan menurunkan Angka Kematian Bayi (AKB) dan Angka Kematian Ibu (AKI) dalam jangka panjang. “Kami dari kemenkes sadar bahwa kami masih membutuhkan bantuan dari berbagai pihak, salah satunya dari MPKU Muhammadiyah. GenMu menyasar remaja dan Bapak/Ibu Guru, Komite Orang Tua, dan Kepala Sekolah, sehingga mohon dukungan Bapak/Ibu untuk kelancaran kegiatan ini. Besar harapan kami, apapun yang disampaikan dalam kegiatan ini baik materi dan hal lain berupa pengetahuan dan keterampilan mohon disebarluaskan, dan jadilah konselor teman sebaya untuk mengajak teman lain untuk merubah perilaku untuk menjadi lebih baik agar dapat mencapai derajat kesehatan yang tinggi. Semoga dengan bimbingan dan pendampingan dari MPKU PP Muhammadiyan ini dapat menciptakan generasi emas yang berkualitas,” ucap Marti Rahayu DK.

Didin Sahidin, SKM, MKM dari MPKU PP Muhammadiyah menyampaikan sambutannya sekaligus membuka kegiatan Orientasi Keder Aksi Bergizi Sehat Berkemajuan. Dia dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan kolaboratif antara antara MPKU PP Muhammadiyah, Dikdasmen PNF, dan Direktorat Promosi Kesehatan Dirjen Kesmas Kemenkes RI . “Kami menggandeng Dikdasmen PNF karena sasaran kegiatan ini yaitu remaja di sepuluh (10) sekolah yaitu tiga (3) dari Kabupaten Kuningan dan tujuh (7) dari Kabupaten Cirebon. Diharapkan teman-teman remaja yang telah diberikan edukasi dan keterampilan dapat menjadi Kader Aksi Bergizi Sehat berkemajuan yang Tangguh. Selain itu, terselenggaranya kegiatan ini berasal dari Kemenkes Direktorat Promosi Kesehatan Dirjen Kesmas, sehingga kewajiban kita adalah untuk mengikutinya dengan dengan baik dan disiplin. Dari kegiatan kolaboratif ini, sangat diharapkan tujuan kita bersama dapat tercapai yaitu agar remaja menjadi generasi penerus bangsa yang berkualitas dan tangguh,” tutur Didin Sahidin.

Aksi Bergizi Sehat Berkemajuan ini diikuti oleh peserta dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan, Puskesmas, dan Bapak/Ibu Guru dan Komite orang tua beserta siswa/siswi dari SMK Muhammadiyah 1 Kuningan, SMK Muhammadiyah 2 Kuningan, SMK Muhammadiyah 3 Kuningan, SMK Muhammdiyah Budi Tresna Cirebon, SMK Muhammadiyah Gebang Cirebon, SMA Muhammadiyah Kedawung Cirebon, SMK Muhammadiyah Lemahabang Cirebon, SMF Muhammadiyah Cirebon, SMK Muhammadiyah Kedawung, dan SMK Muhammdiyah Ciledug. (*)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!