26.7 C
Jakarta

Peduli Erupsi Semeru, SMPIT Istiqamah Balikpapan salurkan donasi kemanusiaan

Baca Juga:

Bonni Febrian
Bonni Febrianhttp://menara62.com
Belajar istiqomah dan lebih bermanfaat

BALIKPAPAN, MENARA62.COM – “Dan belanjakanlah sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang kematian kepada salah seorang di antara kamu; lalu ia berkata, “Ya Tuhanku, mengapa Engkau tidak menangguhkan (kematian)ku sampai waktu yang dekat, yang menyebabkan aku dapat bersedekah dan aku termasuk orang-orang yang saleh.”

Petikan ayat ke-10 surat Al Munafiqun diatas menjadi penyemangat dalam mengasah kepeduliaan sosial dari keluarga besar SMPIT Istiqomah YPAITB Balikpapan. Rasa empati dan simpati atas kejadian erupsi gunung Semeru, kebakaran di daerah Balikpapan dan solidaritas kemanusiaan berupa layanan khitanan di Kutai Barat dilwujudkan dengan program penggalangan donasi.

“Jazakumullahu khairan kepada para orangtua, siswa dan donatur yang telah berdonasi, semoga Allah Ta’ala ganjar dengan limpahan kesehatan dan rezeki yang berkah,” ungkapan penuh syukur kepala sekolah SMP Istiqomah Yunita Purnama, Gr., M. Pd., atas antusiasme para pihak dalam kegiatan ini.

Badan Pengurus Lembaga Zakat, Infak dan Sedekah Muhammadiyah (Lazismu) Kota Balikpapan Chairil Anwar saat menerima donasi dari SMPIT Istiqomah mengatakan, “Kepercayaan kepada Lazismu Balikpapan dari SMPIT Istiqomah ini adalah untuk kesekian kalinya. Sudah beberapa kali kami diberi amanah untuk menyalurkan donasi di beberapa daerah bencana.”

Dalam kesempatan tersebut, SMPIT Istiqomah menyalurkan donasi kemanusian melalui Lazismu Balikpapan berupa uang tunai Rp. 10.000.000 untuk Erupsi Gunung Semeru di Lumajang dan Rp. 10.000.000 untuk kegiatan Khitanan dan pembinaan yang dilakukan Badan Pelaksana Operasional Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (BPO KOKAM) Kalimantan Timur di Bongan Kutai Barat.

Sementara itu di tempat terpisah, ketua BPO Kokam Kaltim Tamam Habibi bersama sekretaris Iwan Sulistiya memberikan apresiasi tinggi atas jalinan sinergi kegiatan kemanusiaan Bersama SMP Istiqomah Balikpapan selama ini.


“Ini merupakan pendidikan karakter yang mendasar, melahirkan nilai-nilai kepedulian dan ikatan kemanusiaan. Kami turun ke daerah bencana memberikan bantuan dan pertolongan tanpa melihat latar belakang kesukuan, agama dan lainnya, sebuah keterpanggilan yang harus dikerjakan bersama-sama, ada yang berkontribusi dengan tenaga, ada yang support pendanaan atau donasi sebagaimana yang dilakukan SMP Istiqomah saat ini”, ungkap Tamam Habibi.

Pelaksanaan khitanan massal dilaksanakan oleh BPO KOKAM Kaltim sebagaimana dijelaskan oleh sekertaris Iwan Sulistiya merupakan rangkaian khitanan yang digelar di 3 kota yaitu Sebulu Kutai Kertanegara sebanyak 54 anak, Bongan Kutai Barat 30 anak dan Penajam Paser Utara sebanyak 60 anak dibagi di 3 tempat .

“Khusus di Bongan Kutai Barat yang disuport pendanaannya oleh SMPIT Istiqomah Balikpapan, Alhamdulillah BPO Kokam Kaltim telah melaksanakan beberapa waktu yang lalu (sabtu, 8/1) dan diikuti 30 anak,” pungkas Iwan Sulistiya.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!