31.6 C
Jakarta

Pembangunan SMA Muhammadiyah 05 Depok Dimulai, Buya Amirsyah Pesankan Ini!

Baca Juga:

DEPOK, MENARA62.COMMuhammadiyah memulai pembangunan SMA Muhammadiyah 05 Entrepreneur di Kota Depok. Peletakan batu pertama yang dilakukan Amirsyah Tambunan Wakil Ketua Majelis Wakaf PP Muhammadiyah sekaligus sebagai Sekjen MUI digelar bersamaan peringatan Milad ke-109 Muhammadiyah, Sabtu (27/11/2021).

Dalam sambutannya, Buya Amirsyah menjelaskan pembangunan SMA Enterpreuner diharapkan dapat mencetak kader umat dan kader bangsa  sekaligus kader persyarikatan tidak sekedar cerdas tapi juga benar, atau benar-benar cerdas yang menjadi kebanggaan Muhammadiyah.

Dalam kesempatan tersebut, Buya Amirsyah mengungkapkan ada lima kecerdasan yang harus dimiliki para siswa Muhammadiyah. Pertama, kecerdasan intelektual tidak sekedar mampu menghafal, tapi juga mampu membuat analisa terhadap naskah. Kedua, kecerdasan emosional yakni mampu menata emosi sehingga stabil dalam menyelesaikan permasalahan. Ketiga, kecerdasan spritual, artinya setiap manusia membutuhkan penguatan spritual agar semakin dekat kepada al Khalik sebagai pencipta.

Lalu keempat, kecerdasan sosial yakni mampu bermasyarakat dengan baik; kelima, kecerdasan enterpreuner  yakni terampil dalam  berwirausaha sebagaimana yang di contohkan Muhammad Rasulullah SAW. Dan kelima kecerdasan yang akan dimiliki lulusan SMA diharapkan mampu  menjawab tantangan dunia usaha pada era 5.0 yang menekankan kemampuan SDM agar menguasai informasi dan teknologi (IT) pada  era 4.0. Saat ini telah mengalami perubahan ke era 5.0.

“Untuk itu diharapkan mampu mempercepat proses pembangunan dengan menggunakan platform pembiayaan digital berbasis sumber daya manusia (SDM) yang berintegritas sehingga para siswa memiliki kompetensi substantif dalam bidang keahlian tertentu maupun kompetensi metodologis dalam penguasaan IT,” jelasnya.

Kedua kompetensi ini diharapkan dapat tanamkan kepada anak didik sehingga ketika tamat SMA akan mampu menjadi wira usahawan muda.

Amirsyah menegaskan bahwa Muhammadiyah yang telah punya aset baik berupa tanah wakaf maupun perguruan Muhammadiyah sudah saat nya dikelola secara profesional oleh para generasi mudah yang dapat mengembangkan bakatnya untuk berwira usaha ala Indonesia yang  saat ini masih belum optimal untuk menjawab  pemulihan ekonomi  nasional yang saat cenderung di kuasai para oligarki, sehingga sumber daya alam (SDA) Indonesia di eksploitasi untuk kepentingan kelompok tertentu, secara nyata menimbulkan kesenjangan sosial. Pembangunan SMA Muhammadiyah Depok diharapkan dapat segera diselesaikan sehingga dapat dimanfaatkan bagi  pendidikan.

Ketua Panitia Pembangunan Sulaiman Hutasuhut mengajak para donatur agar dapat menyelesaikan pembangunan Perguruan Muhammadiyah sesuai waktu yang di rencanakan. Ia juga memaparkan skema pembiayaan melalui platfom digital yang sangat dibutuhan untuk menggalang dana guna pembangunan SMA tesebut.  Fokus utama panitia mencari sumber dana agar masalah pembiayaan tidak menjadi kendala.

Ketua PDM Kota Depok Idris Yahya dalam sambutannya menegaskan bahwa amal usaha Muhammadiyah di Kota Depok yang saat ini akan dibangun dapat menjadi penguat dunia pendidikan Muhammadiyah khusus di Kota Depok.”Saat ini kita bertekad selain memperluas lahan wakaf juga mempercepat  proses pembangunan SMA  05 Enterpreuner,”  pungkasnya.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!