25 C
Jakarta

Pemuda Muhammadiyah Way Kanan Adakan Kajian Demokrasi Tentang Peran Ormas Dalam Pesta Demokrasi

Baca Juga:

 

WAY KANAN, MENARA62.COM -Secara Daring melalui aplikasi Zoom meeting, Pemuda Muhammadiyah Way Kanan melakukan kajian tentang peran Ormas (Organisasi Masyarakat) dalam Proses Demokrasi, Selasa (13/9/2022).

Pemateri dalam acara tersebut adalah Tri Sudarto selaku anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Way Kanan Divisi SDM dan Parmas. Acara tersebut dibuka oleh Ketua Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Way Kanan (Dedi Iskandar). Dalam sambutannya Dedi Iskandar menekankan bahwa Kader Muhammadiyah memiliki peran penting dalam menyukseskan pesta demokrasi baik Pemilu maupun Pemilihan.

“Para pendiri bangsa kita telah sepakat bahwa Demokrasi adalah mekanisme bagi kita untuk memilih pemimpin. Sehingga selalu kader Muhammadiyah kita harus dapat ikut serta dalam menyukseskan Demokrasi tersebut. Bisa jadi penyelenggara, pemantau Pemilu, peserta Pemilu (kalau mau mencalonkan diri), atau setidak-tidaknya menjadi pemilih berdaulat,”jelas Dedi Iskandar yang juga salah seorang Kabid di Kesbangpol Way Kanan.

Sementara itu, Tri Sudarto selaku pemateri dari KPU Way Kanan menjelaskan bahwa suksesnya penyelenggaraan Pemilu terbagi ke dalam beberapa kriteria.

“Suksesnya pesta demokrasi ini terbagi ke dalam beberapa hal seperti Penyelenggara, Peserta Pemilu, Pemerintah, dan Masyarakat Pemilih. Karena Demokrasi ini kita lakukan bersama-sama,”jelas Tri Sudarto.

Kelompok masyarakat juga terbagi ke dalam beberapa segmen seperti tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda, dan tokoh perempuan. “Karena masyarakat kita cenderung mendengarkan para tokoh dalam menentukan pilihan sehingga pendidikan pemilih harus terus kita tingkatkan,” tambah Tri Sudarto.

Pada tahun 2024 nanti akan ada 2 pesta demokrasi rakyat berupa Pemilu di bulan Februari untuk memilih calon Presiden dan Wakil Presiden, DPD, DPR, dan DPRD. Sementara di bulan November akan ada Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota.

Acara kajian tersebut diikuti oleh puluhan kader Pemuda Muhammadiyah yang ada di Kabupaten Way Kanan dan nampak antusias dalam sesi diskusi. Diharapkan dengan kegiatan tersebut selain menjalin tali silaturahmi, menambah wawasan juga semakin menambahkan rasa cinta terhadap Bangsa dan Negara dengan Proses Demokrasi. (*)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!