26.3 C
Jakarta

Penerapan Aktivasi KTP Digital di Muhiska

Baca Juga:

 

SOLO, MENARA62.COM – SMA Muhammadiyah 1 Surakarta (Muhiska) dijadwalkan untuk menerapkan Identitas Kependudukan Digital (IKD) oleh Dinas Satuan Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Surakarta, Selasa (28/3/2023). Kegiatan ini diikuti oleh seluruh guru dan karyawan serta 39 peserta didik SMA Muhammadiyah 1 Surakarta yang sudah mempunyai KTP dan berdomisili di Kota Surakarta. Petugas dari Disadmindukcapil adalah Fahruddin Eka Cahyana, S.Sos, Diar Dwi Apriyanto, S.Tr. dan Priska Mareeta.

Sebelum kegiatan¬† diawali dengan sosialisasi oleh Fahruddin Eka Cahyana, S.Sos., bahwa “Identitas Digital merupakan versi digital dari Dokumen Identitas, yang dapat diakses secara Online. Identitas digital ini telah diatur dalam Permendagri No. 72 tahun 2022 tentang standar dan spesifikasi perangkat keras, perangkat lunak, dan blanko KTP-El, serta penyelenggaraan identitas kependudukan digital”.

Adapun manfaat IKD untuk mempermudah verifikasi diri tanpa harus membawa KTP fisik, mempermudah pengaksesan pelayanan publik dan mempermudah mengakses data anggota keluarga.

Selain itu IKD mempunyai kelebihan di antaranya:

Penggunaan lebih simpel
Pembuatan lebih cepat
Tidak perlu dicetak menggunakan blangko
Tidak perlu disimpan di dalam dompet
KTP cukup disimpan di dalam handphone (HP) android atau smartphone
Tidak perlu ada fotokopi KTP untuk mengakses layanan publik
Lebih aman dari pemalsuan data penduduk
Tidak ada lagi masalah KTP hilang

Karena pentingnya IKD maka untuk membuatnya diperlukan syarat :

Memiliki Smartphone Android versi 8.0 ke atas
Memiliki KTP-el dan berstatus tunggal
Memiliki jaringan internet
Memiliki email aktif dan nomor telepon

Langkah untuk  Penerbitan IKD adalah

Siapkan KTP-EL, Email & Nomor Telepon Aktif, Smartphone Android
Download Aplikasi Identitas Kependudukan Digital melalui Play Store
Buka Aplikasi tersebut dan isikan data-data yang dibutuhkan. Pastikan isi Email dengan benar, karena PIN Aktivasi akan dikirim melalui Email
Lakukan foto selfie guna verifikasi data
Aplikasi akan meminta pindai barcode, pemindaian barcode dilaksanakan oleh petugas DISDUKCAPIL
Setelah scan barcode akan dikirimkan melalui Email berupa PIN dan link aktivasi (menunggu beberapa menit), klik aktivasi dan masukan PIN aktivasi
Setelah selesai aktivasi silahkan log in aplikasi menggunakan PIN yang dikirim melalui Email
Selain itu ada menu dalam Aplikasi yang tersedia adalah QR-Code KTP-El Digital, Dokumen Kependudukan Lainnya (Kartu Keluarga, Biodata Penduduk, Surat Keterangan Kependudukan, Akta Pencatatan Sipil) dan Data Balikan (Dokumen Hasil Integrasi NIK)

Semoga dengan penerapan IKD di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta akan mempermudah guru karyawan serta peserta didik dalam mengurus berkas yang berhungan dengan data kependudukan. (*)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!