30 C
Jakarta

Pengukuhkan Kader Baru Alugara Prajurit Hizbul Wathan Universitas Muhammadiyah Surakarta

Baca Juga:

 

SOLO, MENARA62.COM – Hizbul Wathan Universitas Muhammadiyah Surakarta (HW UMS) kukuhkan kader baru setelah melaksanakan Pendidikan dan Pelatihan (diklat) anggota sebanyak 28 peserta selama 7 hari, pada 22-28 November 2021 di Tawangmangu, Karanganyar.

Pengukuhan ini dihadiri oleh Drs. Suyatmin Waskito Adi, M.Si, Kabag Minat & Bakat dan Beasiswa Kemahasiswaan Universitas Muhammadiyah Surakarta, Muhsinun M.Pd Pimpinan Kwartir Pusat Hizbul Wathan, Dr. Djumadi, M.Biomed Pimpinan Qobilah Moh. Djazman Hizbul Wathan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Ketua Kafilah HW UMS Ivan Fadilla Wijaya menjelaskan Diklat Anggota HW UMS 2021 merupakan agenda yang mencetak kader dan sebagai wadah kader penerus bangsa maupun Muhammadiyah.

Di medan tebing peserta dilatih untuk bisa rappelling, ascending, descending, dan climbing.

Peserta dididik sedemikian rupa agar memiliki ketrampilan, yakni harus menguasai 3 medan yaitu gunung hutan, tebing, dan air. Di medan gunung hutan kegiatan tersebut dilaksanakan selama 4 hari peserta diklat dilatih sebagai mana agar bisa bertahan hidup di alam bebas.

Lanjut ke medan tebing, kegiatan tersebut dialokasikan waktu selama 2 hari di mana peserta dilatih untuk bisa rappelling, ascending, descending, dan climbing. Terakhir, kemampuan bertahan di medan air yang dilaksanakan selama 1 hari di mana peserta melakukan simulasi SAR air, penyelamatan korban laka air, dan pengevakuasian korban.

Di medan air peserta melakukan simulasi SAR air, penyelamatan korban laka air, dan pengevakuasian korban.

Meski ditengah pandemi pelaksanaan tersebut tetap menggunakan protokol kesehatan ketat.

“Hal yang menggembirakan karena semakin banyak kader-kader Muhammadiyah dan kader-kader Hizbul Wathan yang bertambah dan ingin menapaki jalan perjuangan Muhammadiyah,” ujar Ivan.

Kabag Minat & Bakat dan Beasiswa Kemahasiswaan UMS Drs. Suyatmin Waskito Adi, M.Si menjelaskan dengan kembalinya peserta diklat ke Universitas Muhammadiyah Surakarta dan ditetapkan secara resmi sebagai anggota HW.

“Kami dari biro Kemahasiswaan mengharapkan bahwa seusainya pelaksanaan diklat ini para kader-kader HW tentunya kita harapkan nanti akan berprestasi terutama di bidang minat bakat dan setiap kompetisi bisa berkiprah seperti halnya juga ada pekan seni mahasiswa perguruan tinggi Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah. Ini ada peluang-peluang yang harus diikuti tentunya setelah mengikuti pendidikan dan pelatihan ini kita harapkan memberikan nilai lebih, nilai manfaat dan menempa diri kedewasaan kejujuran ini ditanamkan oleh para instruktur dan juga tentunya prestasi-prestasi yang gemilang, prestasi-prestasi emas ke depan ini sangat kami harapkan untuk memperkuat keberadaan Universitas Muhammadiyah Surakarta,” katanya.

Pimpinan Kwartir Pusat bidang Pembinaan Anggota Muhsinun M.Pd mengungkapkan dalam rangka meningkatkan kader-kader persyarikatan Muhammadiyah melalui kepanduan Hizbul Wathan kwartir pusat memberikan penghargaan dan apresiasi yang sangat bagus untuk HW UMS.

“Semoga dengan acara pengukuhan di kafilah ini bisa menjadi kader-kader persyarikatan Muhammadiyah khususnya kader-kader Hizbul Wathan,” jelas Muhsinun.

Dr. Djumadi, M.Biomed Pimpinan Qobilah Moh. Djazman Hizbul Wathan Universitas Muhammadiyah Surakarta mengucapkan selamat kepada seluruh rakanda dan ayunda yang telah mengikuti pendidikan dan pelatihan lapangan selama 7 hari di Tawangmangu telah kembali dengan selamat. “Semoga seluruh kader-kader Kepanduan Hizbul Wathan Kafilah Penuntun Moh. Djazman Universitas Muhammadiyah Surakarta harus menunjukkan prestasinya, inovasi talentanya, menghadapi era disruksi 2021 dan harus menunjukkan sebagai kader-kader militan, kader-kader HW yang akan membawa nama baik perguruan tinggi Universitas Muhammadiyah Surakarta,”harapnya.
(Alwy)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!