27.3 C
Jakarta

Pentingnya Kesehatan Psikologi, Hindari Mahasiswa Bunuh Diri

Baca Juga:

 

SOLO, MENARA62.COM – Biro Kemahasiswaan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) lanjut menggelar Roadshow Student Mental Health and Wellbeing Support (SMHWS) Series 2 yang bertempat di Gedung Auditorium Moh. Djazman, pada Sabtu (02/03/2024).

SMHWS merupakan sebuah lembaga di bawah Biro Kemahasiswaan UMS untuk memberikan layanan kesehatan mental kepada mahasiswanya. Terdapat 4 series Roadshow di SMHWS, dan hari ini merupakan program Roadshow Series ke-2.

Kabag Penalaran, Kreativitas & Soft Skill Biro Kemahasiswaan, Muhammad Al Fatih Hendrawan, S.T., M.T. dalam sambutannya menjelaskan kegiatan yang diselenggarakan terkait dengan SMHWS merupakan fasilitas penguatan psikis, penguatan mental mahasiswa khususnya mahasiswa di UMS.

Jika dicermati, lanjutnya, belum semua perguruan tinggi memiliki fasilitas seperti ini. Belum banyak perguruan tinggi yang memperhatikan kesehatan mental mahasiswanya.

“Jangan sampai terjadi dengan kejadian waktu lalu seorang mahasiswa dari Semarang yang menjatuhkan diri dari mall. Kami berharap tidak terjadi oleh mahasiswa UMS,” tegas Fatih

Ketua SMHWS, Dra., Partini, M.Si., Psikolog., menjelaskan bahwa kita sebagai individu itu adalah satu kesatuan dengan psikologis, namun seakan-akan psikologis itu sesuatu yang remeh. Akan tetapi jika ini tidak diperhatikan bisa mendorong keinginan untuk bunuh diri, sebagaimana diungkapkan oleh Fatih sebelumnya.

“Kasus seperti ini cukup bergejala dan yang mendorong UMS untuk mengupayakan mahasiswanya dan seluruh warga UMS sehat secara fisik dan psikologis,” lajut Partini

Partini berpesan kepada mahasiswa UMS untuk dapat memanfaatkan SMHWS ini untuk berkonsultasi baik ketika sedang punya masalah ataupun tidak punya masalah.

Kabag Kaderisasi dan Dakwah Biro Kemahasiswaan Dr. Mahasri Shobahiya menambahkan, SMHWS juga terbuka untuk menerima konsultasi bagaimana trik untuk bisa lancar kuliah dan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) bisa bagus. Psikolog SMHWS UMS sudah siap sedia melayani mahasiswa semuanya.

“Kami berharap saudara kuliah paling lama 4 tahun, maka dari itu kami lebih berharap bisa selesai 3 setengah tahun. Semoga kuliahnya lancar tidak ada problem yang berarti, meskipun tidak ada problem dan ingin segera menyelesaikan studi dan ingin berkonsultasi maka kami siapkan SMHWS,” kata Mahasri. (*)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!