31.9 C
Jakarta

Perang Kemerdekaan Palestina Bisa Meluas di Regional

Ancaman Ebrahim Raisi Pada Militer Israel

Baca Juga:

JAKARTA, MENARA62.COM — Perang Kemerdekaan Palestina Bisa Meluas di Regional, Kamis (2/11/2023). Ancaman perluasan operasi darat Israel di Gaza akan meningkatkan frekuensi dan intensitas serangan Iran dan milisi-milisi yang bersekutu dengannya.

Saat ini, serangan darat Israel tidak sampai pada invasi skala penuh, namun serangan militer Israel IDF di Gaza telah meningkat. Apalagi, jumlah tentara Israel terbesar di wilayah Gaza sejak pecah perang ini, juga telah mendapat peringatan dari militer Iran dan milisi pejuang lainnya.

Aksi IDF lebih lanjut ke Gaza, terutama jika mereka mengarah pada dugaan kekejaman yang melibatkan warga sipil Palestina, hanya akan meningkatkan risiko eskalasi yang didukung Iran.

Dukungan Iran

Peringatan terbaru di akun X Presiden Iran Ebrahim Raisi telah menegaskan ancaman ini. Ia mengisyaratkan serangan lebih lanjut terhadap target militer AS di wilayah regional. Militer AS, telah jadi target milisi pro-Iran di Irak, Suriah, dan Yaman sejak lama. Bahkan jika Teheran maupun Washington tidak menginginkan perang regional, ruang lingkup kesalahan perhitungan sangat besar, karena sudah ada dua lusin tentara AS yang terluka dalam serangan roket dan pesawat tak berawak yang didukung Iran.

Tewasnya sejumlah tentara AS dalam serangan yang didukung Iran di masa depan, akan memberikan tekanan yang signifikan terhadap Washington untuk merespons secara lebih agresif. Bagi Israel, ancaman eskalasi regional yang paling mendesak adalah jika Hizbullah yang didukung Iran di Lebanon bergabung dalam perang dengan lebih kuat.

Hizbullah dan IDF telah melakukan serangan saling balas sejak pecah perang kemerdekaan Palestina, meskipun sejauh ini tidak ada yang meningkat menjadi lebih besar. Namun, hal itu bisa berubah, baik secara sengaja jika Hizbullah dan para pendukungnya dari Iran ingin memaksa Israel untuk berperang di dua front, atau secara tidak sengaja jika serangan Israel atau Hizbullah mengakibatkan jatuhnya korban jiwa yang secara politis memaksa pihak lain untuk membalas serangan tersebut.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!