27.3 C
Jakarta

Perayaan Imlek 2024, Tegaskan Komitmen Untar Majukan Pendidikan Indonesia

Baca Juga:

JAKARTA, MENARA62.COM – Universitas Tarumanagara (Untar) menggelar Perayaan Tahun Baru Imlek 2024 dengan mengangkat tema “Untar untuk Indonesia dan Dunia:
Pendidikan yang Menginspirasi dan Berinovasi” di Auditorium Kampus I Untar, Jakarta, Rabu (21/2).

Tema perayaan Imlek kali ini merupakan cerminan komitmen Untar untuk terus memajukan dunia pendidikan serta berkontribusi positif kepada masyarakat.

Rektor Untar Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan, M.T., M.M., I.P.U., ASEAN Eng. menjelaskan melalui perayaan Imlek, Untar ingin menunjukkan adanya nuansa budaya di setiap aktivitas pembelajaran kampus.

“Ini tradisi yang dilakukan Untar sekian lama, jadi tradisi ini akan terus kami lakukan, karena ini bagian dari kontribusi Untar dalam bidang kebudayaan,” ujar Prof Agustinus

Prof. Agustinus menambahkan Untar patut berbahagia dan bergembira ditengah sederetan prestasi yang diraih dalam upaya berkontribusi kepada kemajuan pendidikan tinggi melalui berbagai macam aktivitas yang direspon positif oleh pemerintah, mitra dalam dan luar negeri, mahasiswa dan orang tua.

“Kita tahu perguruan tinggi di Indonesia banyak kekurangan disana-sini, termasuk penyelenggaraannya dan aktivitas sehari-hari dalam menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul. Empati kepada univeristas di daerah kita wujudkan dengan pengabdian masyarakat, pendampingan, pembekalan dan belajar bersama,” katanya.

Program Untar Tahun 2024

Prof. Agustinus menegaskan pada tahun 2024, Untar akan terus menyelenggarakan program-program yang meningkatkan mutu, seperti peningkatan prestasi, kinerja, kegiatan pemeringkatan, kegiatan klasterisasi, akreditasi serta kegiatan pertukaran dosen maupun mahasiswa, baik dalam dan luar negeri.

“Untar telah berkontribusi positif terhadap kesejahteraan masyarakat, di antaranya,
program bakti sosial, pengabdian kepada masyarakat, pendampingan dan pengembangan UMKM, serta program pembekalan mahasiswa. Selain itu, dilakukan pula kegiatan dalam upaya mencegah stunting pada anak-anak dan kegiatan belajar bersama,” ujar Rektor.

Pada perayaan HUT Untar ke 65 yang jatuh tanggal 1 Oktober 2024 nanti, Rektor Untar Prof. Agustinus menjelaskan, pihaknya akan secara bertahap menyelenggarakan berbagai kegiatan yang salahsatunya berdampak terhadap lingkungan hidup. Rangkaian kegiatannya dimulai dari perayaan Imlek 2024 hingga kegiatan penanaman Mangrove.

Selain itu, Untar juga akan melanjutkan kembali program pertukaran dosen dan mahasiswa di dalam dan luar negeri.

“Tahun ini sudah jalan ke Filipina, Vietnam. Ada teman-teman dari Malaysia dan Eropa. Saya sendiri akan membangun kolaborasi dengan pendidikan tinggi di Turki. Kami akan melakukan pameran pendidikan disana sebagai kampus yang ditunjuk oleh Ditjen Diktiristek. Ini juga bagian dari upaya kita membangun kolaborasi internasional yang semakin solid. Harapannya, akan semakin banyak prodi yang terakreditasi unggul dan internasional,” tegasnya.

Sementara itu, Sekretaris Pengurus Yayasan Tarumanagara Vedrych J. Kusnanto, S.Kom., M.M., mewakili Ketua Pengurus Yayasan Tarumanagara, menyampaikan Tahun Baru Imlek menjadi momen menyambut harapan bagi masa depan serta hasil usaha yang lebih baik. Perayaan ini juga merupakan salah satu bentuk inklusivitas yang diterapkan di lingkungan Untar.

Erdam, salah satu mahasiswa yang hadir dalam acara, mengatakan bahwa Untar telah memfasilitasi seluruh agama dan budaya melalui perayaan-perayaan maupun Unit-unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) keagamaan.

“Lingkungan kampus Untar sangat inklusif. Untar terbuka untuk mahasiswa dari berbagai latar belakang dan tidak membeda-bedakan,” ungkap mahasiswa asal Maluku Utara tersebut.

Perayaan Imlek yang dihadiri jajaran pimpinan Yayasan Tarumanagara, Sivitas Akademika Untar, dan para mitra, dimeriahkan pertunjukan Liong oleh Perkumpulan Boen Tek Bio dan penampilan lagu oleh alumni FEB Untar Licya Cen yang diiringi alat musik tradisional Tiongkok Yangqin.

Selain itu ditampilkan pula kemampuan bela diri dari UKM Wushu dan Tari Tidayu dari UKM Fakultas Psikologi “Padmanagara”.(*)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!