31.6 C
Jakarta

Peresmian WarungMU dan LazisMu

Baca Juga:

SURAKARTA, MENARA62.COM–Pada Ahad (5/3/2017) akan diresmikan WarungMU oleh Lembaga Penanggulangan Bencana (LPB) atau MDMC dan LazisMu. WarungMu itu dibangun di Masjid Syukur, Jl Ki Hajar Dewantara, Jebres (Belakang Kampus UNS).

Insya Allah, peresmian WarungMu akan dihadiri dari Joko Intarto (LazisMU PP Muhammadiyah) dan Budi Setiawan (LPB PP Muhammadiyah).

WarungMu adalah warung murah. Warung ini menyediakan makanan murah bagi yang memiliki uang pas-pasan. Bagi yang yang tak memiliki uang, WarungMu menyediakan makanan gratis yang merupakan sumbangan dari konsumen dermawan. Makanan di WarungMu memang sederhana namun dibuat dengan cinta, kepedulian kepada sesama dan kebersamaan.

“Harga makanan di WarungMu memang murah karena kami tidak mencari keuntungan. WarungMu didedikasikan untuk masyarakat miskin maupun masyarakat biasa dan warga korban bencana”, ungkap Direktur LazisMu Solo Reynal Falah.

Siapa yang mengelola?
WarungMu dikelola oleh Lembaga Amil Zakat Infaq dan Sedekah Muhammadiyah (LazisMu) dan Lembaga Penanggulangan Bencana (LPB). Saat terjadi bencana, WarungMu berubah menjadi dapur umum untuk melayani warga korban bencana.

Berapa harga makanan di WarungMu?
Harga satu paket makanan (misalnya teh, semangkuk soto dan camilan) Rp 3.500, harga itu untuk melayani warga yang memang memiliki uang pas-pasan. Bagi konsumen yang memiliki cukup uang, kami menawarkan untuk membeli voucher senilai satu paket makanan (Rp 3.500. Voucher itu bisa dimanfaatkan untuk warga miskin, konsumen yang memang tidak memiliki uang sama sekali. Voucher ini akan ditempel di dinding. Warga miskin bisa memanfaatkan voucher itu untuk mendapatkan satu paket makanan.

Apakah takkan terjadi perebutan voucher? “Kami berusaha mengedukasi kepada konsumen untuk menyumbang WarungMu. Konsumen bisa menyumbang voucher senilai yang dia makan untuk diberikan kepada konsumen yang membutuhkan. Karena itu, kami mengkampanyekan kebanggaan kepada masyarakat untuk berbagi walau hanya membeli voucher senilai Rp 3.500,00, namun itu betul-betul berharga bagi yang membutuhkan,” ujar Joko Intarto.

Selain itu, apa yang bisa dilakukan di WarungMu?
Di samping membeli voucher saat bersantap di WarungMu, masyarakat bisa menjadi relawan untuk melayani warga miskin dan konsume. WarungMu menggunakan model kerelawanan. Pelayan di WarungMu adalah relawan, mereka tidak dibayar. Mereka menyedekahkan waktu untuk melayani konsumen, mencuci piring/mangkuk/gelas, membersihkan warung dan sebagainya. Mereka tidak dibayar. Karena itu, kami mengajar masyarakat untuk menjadi relawan dengan menyisihkan waktu barang dua jam per minggu menjadi relawan.

Jam berapa WarungMu buka?
WarungMu beroperasi pukul 07.00 sampai pukul 15.00 wib.
Apa saja jenis makanannya?
Satu paket makanan yang disediakan WarungMu untuk sementara satu jenis yaitu soto, minuman dan sejumlah camilan. WarungMu tidak menyediakan rokok.

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!