31.3 C
Jakarta

Peringati Hari Sumpah Pemuda, SMA Muhammadiyah PK Kottabarat Gelar Bulan Bahasa

Baca Juga:

SOLO, MENARA62.COM – Dalam rangka memperingati Sumpah Pemuda 2019, SMA Muhammadiyah PK Kottabarat, Solo menggelar kegiatan bulan bahasa, Kamis (31/10/2019). Acara yang berlangsung selama dua hari (Rabu-Kamis/30-31 Oktober) tersebut mengambil tema “Aksara Pembuka Cakrawala”.

Kegiatan yang baru pertama kali digelar itu disambut antusias oleh seluruh warga SMA Muhammadiyah PK Kottabarat.

Kegiatan Bulan Bahasa ini dimanfaatkan oleh siswa melalui IPM dengan mengadakan berbagai perlombaan yang terkait dengan bahasa dan sastra. Lomba-lomba yang digelar untuk menghargai dan mengingat jasa para pahlawan. Karena berkat perjuangan para pahlawan itu terwujud Satu Bangsa dan Satu Tanah Air yaitu Indonesia, dalam wadah kesatuan NKRI.

“Peringatan bulan bahasa ini juga bertepatan dengan sumpah pemuda, dimana pada sumpah pemuda diikrarkan, di saat itu pula bahasa Indonesia dilahirkan,” ujar ketua IPM, Latifah Az Zahro.

Kegiatan peringatan ini juga sebagai pengimplementasian Gerakan Literasi Sekolah. Adapun kegiatan yang dilaksanan berupa lomba baca puisi, lomba pidato, lomba mebuat majalah dinding, dan lomba musikalisasi puisi.

“Kegiatan ini diikuti oleh 126 orang siswa dari semua kelas,” ujar Kepala Sekolah, Hendro Susilo.

Pembina IPM SMA Muh PK, Ganda Setya menambahkan untuk ukuran acara yang pertama kali di gelar. Peringatan Bulan Bahasa di SMA Muh PK terbilang cukup meriah.

“Rencananya akan jadi acara tahunan. Mudah-mudahan kedepannya bisa lebih meriah lagi.” Jelasnya.

Ganda menjelaskan, seluruh kegiatan tersebut dirancang dan dilaksanakan oleh siswa. Sehingga membiasakan mereka untuk mandiri dalam berorganisasi.

Dalam peringatan Bulan Bahasa itu juga ditampilkan beberapa sastrawan dari Komunitas Teater Solo, diantaranya Yerremia Catur Nugroho, Jawahir Gustav Rizal, dan Salam Badar. Mereka menampilkan musikalisasi puisi dan mengadakan forum tanya jawab kesusastraan.

Dengan berakhirnya kegiatan Bulan Bahasa ini diharapkan mampu menggali potensi siswa dalam bidang literasi dan meningkatkan kecintaan siswa terhadap Bahasa Indonesia.

Siswa tengah unjuk kebolehan

 

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!