30.7 C
Jakarta

Perjuangan Buya Syafi’i Ma’arif dan Workshop Pengembangan RPP Berbasis LKLB

Baca Juga:

 

 

YOGYAKARTA, MENARA62.COM – Dalam sambutan di acara penutupan Workshop Pengembangan RPP Berbasis LKLB ( Literasi Keagamaan Lintas Budaya) di Hotel Sahid Jaya Yogyakarta, Sabtu-Senin  (25-27/6/2022) Pak Daniel selaku perwakilan dari Institute Leimena menyampaikan, “Acara ini memiliki sejarah yang panjang.”

Lebih lanjut Pak Daniel mengisahkan bagaimana Pak Matius sering didatangi oleh Buya Syafii Maarif. “Buya sering datang dan berdialog dengan Pak Matius. Akhirnya mereka sepakat untuk bertindak,”ujarnya. Hasil dari apa yang didialogkan adalah Program Literasi Keagamaan Lintas Budaya yang dijalankan ini. Itulah mengapa ada kesan bahwa mayoritas peserta justru muslim. Selama 3 hari peserta Workshop Pengembangan RPP berbasis LKLB diajak untuk merancang konsep dan strategi pengembangan RPP berbasis prinsip-prinsip LKLB.

Selain dibimbing oleh pakar yang kompeten di bidangnya, peserta juga diajak untuk kunjungan lapangan mengenali dan belajar bersama tata ibadah, konsep toleransi, serta konsep agama lain dalam bingkai ke-Indonesiaan.

Kebetulan yang dikunjungi adalah Gereja Kristen Jawa Gondokusuman dan Wisma Sang Penebus. Di dua tempat itulah para peserta berbincang, berdialog dan menemukan cinta kasih dalam bingkai ke-Indonesiaan. Mila salah satu peserta workshop yang berasal dari Pondok Pesantren mengaku senang berbincang dengan para Freter di Wisma Sang Penebus dan nyaman berkunjung di sana. “Ramah Freter dan Romonya serta bersih tempatnya,”ujarnya.

Agenda dan program Institute Leimena ini menjadi jejak dan bukti bahwa ke-Indonesiaan dan program merawat dan meruwat perdamaian yang dirintis Buya Syafii Maarif almarhum, Pak Matius dan juga Prof Amin Abdullah masih cukup panjang dan tidak mudah.

“Para peserta Workshop Pengembangan RPP berbasis LKLB kelak akan menjadi agen perdamaian yang ditunggu kiprahnya menyemai bibit damai di manapun berada,” tutur  Dr. Inayah selaku Dekan Fakultas Ushuludin UIN SUKA dalam sambutan penutupan acara. (Arif Y)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!