30.9 C
Jakarta

PPK Ormawa IMM FKIP Gagas Desa Cerdas Melalui 7 Pojok Literasi di Desa Tlingsing, Klaten

Baca Juga:

 

KLATEN, MENARA62.COM – Tim Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) Komisariat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menggelar Opening Ceremony dan Sosialisasi program pengabdian dengan mengangkat tema “Desa Cerdas: Optimalisasi Enlightenment Space Berbasis Literasi Humanis Melalui Local Wisdom Desa Tlingsing, Klaten”. Acara ini berlangsung di Balai Desa Tlingsing, Klaten, pada Ahad (23/6/2024) malam.

Dosen Pendamping, Dr. Mahasri Shobahiya, M.Ag., mengungkapkan pemilihan desa cerdas ini karena melihat bahwa di Desa Tlingsing ini banyak anak-anak putus sekolah. Sehingga dari segi kualitas pendidikan masih relatif belum bagus sehingga kemudian dipilih menjadi tempat untuk melakukan aktivitas pengabdian masyarakat.

“Selain pengabdian, juga melakukan pemberdayaan masyarakat di Desa Tlingsing ini menjadi fokusan aktivitas pembinaan yang didanai oleh Kemendikbud Ristek Tahun 2024,” ujar Dosen Pendamping itu.

Kegiatan ini diharapkan kebermanfaatannya dapat dirasakan oleh masyarakat dan mampu mempengaruhi semangat belajar. Sehingga kehadiran PPK ORMAWA IMM FKIP UMS ini, yang memiliki basic pendidikan dapat menerapkan dan mengamalkan langsung ke masyarakat.

“Kami juga berharap, warga desa mitra dapat bekerja sama dengan baik sehingga tujuan utama dapat terwujud,” tegas Mahasri Shobahiya.

Program ini mendapatkan respon hangat dari warga Tlingsing, Klaten. Kepala Desa, Dwi Riyanto, S.H., mewakili pemerintah desa mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih kepada Tim dari UMS untuk dapat memulai dan menyelesaikan program dengan baik, diharapkannya bisa tercapai hasil sesuai dengan tujuan dari kegiatan ini.

“Kami sangat mendukung dan mengucapkan terima kasih kepada PK IMM FKIP UMS. Dalam pengembangan desa alhamdulillah ada 2 universitas lagi yang menggelar program pengabdian maupun KKN di desa ini, karena memang kita sangat mendukung semacam pilot project desa agar dapat berkembang,” paparnya.

Dalam kesempatan tersebut, serangkaian program ini dibuka langsung oleh Kepala Desa Tlingsing.

Ketua Umum PK IMM FKIP UMS, Rifqi Almuiz menyampaikan bahwa program ini merupakan program dari kementrian yang dibawakan oleh mahasiswa, untuk saling belajar dan mengembangkan potensi desa sekaligus membina desa menjadi lebih baik.

“Mudah-mudahan dapat membantu bapak ibu di desa Tlingsing ini, dengan pelaksanaan yang tidak setiap hari namun secara berkala. Karena memang ini bukan KKN, tetapi program yang dilakukan satu minggu dua kali,” ungkap Ketua Umum FKIP UMS itu.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Tim Pelaksana, Mahda Khifiati Syaharani, menyampaikan persiapan program ini yang sudah dimulai sejak bulan Mei.

“Program yang ditawarkan yaitu 7 Pojok Literasi yang terdiri dari kelas parenting, religi, ekonomi digital, mental health, gamifikasi, media tanam & limbah tani, kemudian yang terakhir nantinya akan diadakan seminar dan lomba menulis,” terang Ketua Tim Pelaksana itu.

Dalam kesempatan tersebut, dipaparkan secara rinci berbagai program yang akan dilaksanakan di desa mitra yang disimak secara seksama oleh warga desa Tlingsing, Klaten. (*)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!