27.8 C
Jakarta

Pradiksar PPM dan Menwa Membangun Semangat Nasionalisme dan Menjaga NKRI

Baca Juga:

 

SINGARAJA, MENARA62.COM – Membangun semangat nasionalisme harus ditumbuhkan pada generasi muda dengan berbagai cara, diantaranya pendidikan formal dan non formal, melalui media sosial, musik , film dan lain-lain. Membangkitkan rasa nasionalisme dan patriotisme sangat penting, karena setiap warga negara Indonesia memiliki tanggung jawab untuk mempertahankan wilayah dari berbagai macam ancaman, menjaga keutuhan negara, mengharumkan nama negara dan mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Oleh karena itu PPM Buleleng dan Gugus Kebangsaan Provinsi Bali melaksanakan kegiatan Pemantapan Pendahuluan Bela Negara melalui Pradiksar PPM dan Menwa Ugrasena berlangsung selama 3 hari di Markas Batalyon Infanteri Raider 900 Satya Bhakti Wirotama Singaraja, yang akan berakhir minggu 10 Juli 2022.

Ketua PPM Buleleng Dra Md Cantiari yang juga Ketua Korps Menwa Indonesia Buleleng didampingi Kasmen Korps Menwa Ugraçena Mumtazah .M, S .Ked mengatakan kegiatan Pradiksar ini diikuti Pemuda Panca Marga (PPM) 148 desa/kelurahan di Kabupaten Buleleng 150 orang dan calon Menwa Ugraçena dari Universitas Panji Sakti Singaraja 26 orang.

“Kami ingin mengajak seluruh komponen masyarakat dalam organisasi kepemudaan atau organisasi masyarakat untuk terus memberikan pendidikan bela negara dalam wawasan yang lebih luas”, ujarnya. Kegiatan ini didukung oleh Yonif 900/SWB atas seijin Pangdam IX/Udayana, dan didukung oleh Gugus Kebangsaan (GK) Provinsi Bali.

Sementara Kasmen Korps Menwa Ugraçena Mumtazah, M .S.Ked didampingi Dan Yon Menwa Ugraçena A-901/Mayurajana Universitas Udayana Sekar Langit serta Dan Yon Menwa Ugrasena B-920/Jayastambha Undiksa, Nita Lestari berterimakasih atas diberikan kesempatan ikut ambil bagian dalam kegiatan gabungan ini.

“Kami akan mengajak generasi muda di seluruh perguruan tinggi di Bali ikut ambil bagian dalam kegiatan Bela Negara melalui proses pembentukan Menwa”, ungkap Mumtazah,M S Ked.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Buleleng, Komang Kappa Tri Aryadono mewakili Bupati Buleleng. Nampak hadir diantaranya Ketua DPRD Buleleng, Ketua LVRI Buleleng, Sekretaris GK Bali, Bagus Ngurah Rai yang juga Ketua Pelaksana MPB, Wakil PPM Bali, Ketua DHD angkatan 45 Buleleng.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Buleleng, Komang Kappa Tri Aryadono mewakili Bupati Buleleng memberikan selamat kepada perwakilan peserta Pemantapan Pendahuluan Bela Negara melalui Pradiksar PPM dan Menwa Ugrasena

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Buleleng, Komang Kappa Tri Aryandono saat ditemui usai mengikuti upacara Pembukaan Jumat (8/7) mengatakan Pemerintah Kabupaten Buleleng sangat mengapresiasi pelaksanaan kegiatan Pemuda Panca Marga (PPM) dan Korps Menwa Ugrasena yang merupakan salah satu implementasi nilai-nilai wawasan bela negara yang bukan merupakan tanggungjawab pemerintah saja.

Komang Kappa menambahkan, dalam menyambut tahun politik pihaknya memiliki tugas menanamkan nilai-nilai wawasan kebangsaan, pendidikan politik dan kewaspadaan dini yang tentunya tidak bisa bergerak sendiri. “Kita tidak bisa bergerak sendiri, tentu harus menggandeng unsur masyarakat didalamnya,” pungkasnya.

Sementara itu Kasmen Korps Menwa Mumtazah.M S Ked menyerahkan Buku Merangkai Jejak Perjalanan Resimen Mahasiswa Ugrasena Bali dan Bangsal dalam Kenangan Revolusi dan Perang Kemerdekaan RI di Bali kepada pembina Menwa Ugrasena Batalyon Jayastambha Undiksa, Gede Parma yang juga pengamat Pariwisata Bali. (Men)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!