30.9 C
Jakarta

Program Pembinaan Bahasa Kolaborasi Unismuh dan TVRI, Bakal Undang SMA se-Sulsel secara Bergiliran

Baca Juga:

MAKASSAR, MENARA62.COM, – Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar berkolaborasi dengan TVRI Sulawesi Selatan membuat program pembinaan bahasa. Program tersebut yakni ‘English Corner’ dan ‘Pojok Bahasa’.

English Corner merupakan program pembinaan Bahasa Inggris, sedangkan Pojok Bahasa adalah wahana pembinaan Bahasa Indonesia maupun Bahasa daerah.

Program itu ditujukan bagi siswa SMA/SMK/MA yang akan mengikuti Ujian Nasional maupun Seleksi Masuk Perguruan Tinggi.

Hal tersebut diungkapkan Penanggungjawab Program, yang juga Wakil Rektor II Unismuh Makassar Prof Andi Sukri Syamsuri, di sela proses produksi siaran ‘English Corner’, Sabtu, 11 Maret 2023 di Ruang Unit Business Center, Kampus Unismuh Makassar, Jl Sultan Alauddin,

Ia melanjutkan, program ini adalah bagian dari upaya Unismuh untuk meningkatkan keterampilan berbahasa siswa SMA di Sulawesi Selatan.

“Kami berharap program ini dapat membantu siswa dalam memperkuat kemampuan berbahasa mereka sehingga mereka dapat bersaing di tingkat nasional maupun internasional,” ujar Andis, sapaan akrab Wakil Rektor II Unismuh ini.

Proses produksi siaran, lanjutnya, akan dilaksanakan Lembaga Pengembangan Bahasa, Kerjasama, dan Kantor Urusan Internasional (LPBKUI) Unismuh Makassar berkolaborasi dengan Bagian Humas dan IT Unismuh. “Tentu dengan supervisi teman-teman TVRI,” ungkap Andis, sapaan akrab Guru Besar Ilmu Linguistik ini.

Program pembinaan Bahasa ini bakal mengundang para pakar Bahasa, khususnya dari kalangan akademisi Unismuh Makassar sebagai narasumber.

“Selain itu, kami bakal mengundang SMA, SMK atau MA se-Sulsel secara bergiliran sebagai audiens dalam tiap acara. Jadi yang diundang siswa kelas 3, tentu didampingi oleh Guru Bahasa Inggris atau Bahasa Indonesia,” ungkap Andis.

Di tempat yang sama, Kepala Humas Unismuh Hadisaputra tidak menampik, bahwa program tersebut merupakan salah satu strategi promosi Unismuh dalam menggaet mahasiswa baru.

“Tentu secara tidak langsung, kami ingin menunjukkan bahwa di Unismuh, kami memiliki banyak pakar Bahasa, baik Bahasa Inggris, maupun Bahasa Indonesia,” ungkap Hadi.

Apalagi, sambungnya, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, dan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Unismuh telah meraih akreditasi Unggul dari Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK).

“Hal ini tentu perlu diketahui siswa SMA, khususnya yang ingin mendalami ilmu Bahasa. Di luar itu, mereka bisa memilih puluhan prodi lainnya yang ada di kampus kami, yang sebagian besar telah terakreditasi Unggul atau A,” tutup Hadi, yang juga Dosen Pendidikan Sosiologi Unismuh Makassar.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!