31.6 C
Jakarta

Program Pengabdian Masyarakat FT Unkris Beri Pelatihan Microsof Office bagi Atase Pendidikan Malaysia

Baca Juga:

JAKARTA, MENARA62.COM – Laboratorium ELITS Fakultas Teknik Universitas Krisnadwipayana (Unkris) gelar pelatihan microsoft office bagi 13 peserta perwakilan Atase Pendidikan Malaysia (Education Malaysia Indonesia) atau EMI. Pelatihan yang berlangsung selama dua hari yakni 19-20 Desember 2022 tersebut menjadi bagian dari bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi poin Pengabdian Masyarakat yang dilaksanakan oleh FT Unkris.

Perwakilan dari EMI tersebut diterima oleh Dekan FT Dr. Harjono Padmono Putro, ST, M.Kom, Koordinator Laboran ELITS Unkris Bayu Kusumo ST, MT, dan enam perwakilan Laboratorium ELITS Daniel Yosef Timisela, S.Kom, Hadi Kusuma Nugraha, S.Kom, Timotius Theodearson, Fariz Dandy, Aria Rahmad Fadillah, Odi Muhammad Adam, S.Kom.

Dekan FT Unkris Harjono dalam keterangan persnya menuturkan pelatihan Microsoft bagi staf Atase Pendidikan Malaysia menjadi bentuk sinergi antara perguruan tinggi dengan dunia kerja dunia industry (DUDI). “Kegiatan ini sekaligus untuk menjadi upaya mengimplementasikan teori dengan kebutuhan di lapangan,” jelas Dekan, Selasa (20/

Menurutnya, sinergi antara perguruan tinggi dengan DUDI maupun implementasi materi perkuliahan dengan kebutuhan dunia kerja saat ini sangat didorong oleh pemerintah melalui kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Dimana perguruan tinggi dtuntut untuk lebih memberikan kiprah dan kebermanfaatannya bagi masyarakat maupun dunia kerja.

Dekan mengingatkan bahwa teknologi berkembang sangat cepat termasuk dalam hal teknologi perkantoran seiring kebutuhan dunia industry. Dan perguruan tinggi merupakan institusi atau lembaga yang memiliki daya adaptasi paling cepat dan fleksibel guna memenuhi kebutuhan lapangan kerja.

Pada kesempatan yang sama, Mubarak Bin Shamsuddin, Penasihat Pendidikan Education Malaysia Indonesia mengungkapkan keinginannya menjalin Kerjasama dengan laboratorium ELITS FT Unkris. “Kami ingin mempelajari lebih mendalam dan meng-upgrade kemampuan staff Education Malayasia Indonesia (EMI) dalam penggunaan Microsoft Office khususnya Microsoft Excel dan Microsoft Power Point. Dari pelatihan ini kami berharap Kerjasama dengan Unkris bisa terus berlanjut dan diperluas cakupannya,” kata Mubarok.

Harapan senada juga disampaikan Kepala Laboratorium ELITS FT UNKRIS Bayu Kusumo, ST, MT. Bayu berharap melalui pelatihan Microsoft Office ini dapat mempererat hubungan kerja sama terkait laboratorium khususnya dan menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi salah satunya dalam bentuk Pengabdian Masyarakat.

“Kerjasama ini merupakan bentuk dukungan Unkris terhadap kebijakan Kemendibudristek melalui program Merdeka Belajar Kampus Merdeka dimana Mas Menteri Nadiem sangat mendorong kami dari kalangan perguruan tinggi untuk berkolaborasi dengan DUDI maupun intansi lain serta berbagi manfaat sarana prasarana yang ada,” jelas Bayu.

Kegiatan pelatihan tersebut diawali dengan menelusuri kebutuhan akan Microsoft Excel dalam penggunaan sehari hari pada staff Education Malayasia Indonesia. Menelisik teori yang digunakan dan petunjuk pemakaian dari Microsoft Excel, lalu dilanjutkan dengan sesi pertanyaan diakhiri problem solving (pemecahan masalah) yang sering muncul saat menggunakan Microsoft Excel.

Pada hari kedua, Selasa (20/12/2022), Lab Elits FT UNKRIS memfokuskan pelatihan pada kebutuhan staff Education Malayasia Indonesia (EMI) atas Microsoft Power Point dalam penggunaan sehari hari di tempat bekerja.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat berupa pelatihan Microsoft Office selama dua hari yang diadakan oleh Lab ELITS FT UNKRIS bagi atase Pendidikan Malaysia (Education Malaysia Indonesia – EMI) tersebut diakhiri dengan penyerahan sertifikat dan plakat oleh Tim Lab ELITS FT Unkris dan ditutup dengan sesi foto bersama.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!