30.6 C
Jakarta

Proposal PKM UM Magelang Terbanyak Kedua se PTS Jateng

Baca Juga:

MAGELANG, MENARA62.COM — Universitas Muhammadiyah (UM) Magelang berhasil menempati posisi kedua terbanyak pengirim proposal yang lolos pada Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) se Kopertis VI Jawa Tengah. Ada 27 proposal karya mahasiswa UM Magelang yang lolos pada PKM tahun 2017.

Demikian diungkapkan Rektor UM Magelang, Ir. Eko Muh Widodo MT kepada wartawan di Magelang, Jumat (10/3/2017). Informasi ini diperoleh dari lampiran laman yang dirilis oleh Kemenristek Dikti Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) tentang Penugasan Program Kreativitas Mahasiswa 5 Bidang Tahun 2017.

Lebih lanjut Eko Muh Widodo mengatakan dari jumlah proposal yang berhasil lolos, UM Magelang menempati ranking kedua di wilayah Kopertis VI Jawa Tengah setelah UMS. Jumlah tersebut menempati ranking keempat untuk Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) se-Indonesia. Serta menempati ranking ke-31 dari Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) se-Indonesia.

Kata Eko, lima bidang yang didanai Dikti tersebut yakni PKM Penelitian Eksakta (PKMPE), PKM Kewirausahaan (PKMK), PKM Pengabdian Masyarakat (PKMM), PKM Karsa Cipta (PKMKC) serta PKM Penelitian Sosial Humaniora (PKMPSH).
Sedangkan ke-27 proposal mahasiswa UM Magelang yang lolos terdiri dari tujuh PKMPE, empat PKMK, sembilan PKMM, tiga PKMKC, dan lima PKMPSH.

Mereka berasal dari Program Studi (Prodi) S1 PGSD (10 porposal), Prodi D3 Farmasi Fikes (lima proposal), Prodi D3 Mesin Otomotif Fakultas Teknik (lima proposal), Prodi S1 Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (empat proposal), Prodi Ilmu Hukum FH ( dua proposal), serta Prodi S1 PGMI Fakultas Agama Islam (satu porposal). “Jumlah tersebut meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya meloloskan 15 judul proposal,” tandas Eko.

Tahun ini, jelas Eko, UM Magelang mengirim 303 proposal yang terdiri dari 36 PKMPE, 104 proposal PKMK, 49 proposal PMKMM, 16 proposal PKMKC, dan 96 proposal PKMPSH. Walaupun tidak sampai 10 persen dari jumlah proposal yang dikirimkan berhasil lolos, namun jumlah proposal yang dikirim mengalami peningkatan yang signifikan dari tahun sebelumnya yakni 187 proposal. Hal tersebut dikarenakan UM Magelang mulai meningkatkan minat para mahasiswa di bidang penulisan karya ilmiah.

Rektor UM Magelang, Eko Muh Widodo menyatakan puas dan bersyukur atas capaian yang telah dilakukan mahasiswa UM Magelang. Saat ini UM Magelang tengah menggalakkan kegiatan yang bersifat pengembangan minat bakat di bidang penulisan karya ilmiah.

“Dengan dibimbing oleh dosen yang qualified, jumlah proposal yang lolos dapat terus meningkat dari tahun ke tahun. Tidak hanya dari segi kuantitas, UM Magelang juga berusaha untuk kembali mendapatkan medali emas di PIMNAS seperti yang telah diperoleh sebelumnya,” tandas Eko.

Penulis : Heri Purwata

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!