32.8 C
Jakarta

Rektor UNMUHA Lepas Mahasiswa Program PMM2 dengan Rasa Haru

Baca Juga:

BANDA ACEH, MENARA62.COM – Rektor Universitas Muhammadiyah Aceh Dr Aslam Nur melepas 69 mahasiswa peserta program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) 2, inbound Semester Ganjil tahun Akademik 2022/2023, pada Kamis (19/01/2023). Program ini dimulai sejak tanggal 05 September 2022 dan berahir tanggal 20 Januari 2023.

Ke-69 mahasiswa yang berasal dari 43 Perguruan Tinggi diluar pulau Sumatera didampingi 4 dosen Modul Nusantara bersama 4 mahasiswa LO berasal dari UNMUHA.

Pelepasan tersebut dihadiri oleh Kepala LLDIKTI XIII Wilayah Aceh, Keuchik Gampong Batoh Lueng Bata, para Wakil Rektor, para Dekan, Wakil Dekan, Kaprodi, Kepala Biro dan Lembaga, Gubernur BEM, UKM dan tamu undangan.

“Selama berada di Universitas Muhammadiyah Aceh, selain mengikuti pembelajaran dibeberapa prodi, mahasiswa PPM2 juga melaksanakan 25 kegiatan Modul Nusantara terdiri, Modul Kebhinekaan sebanyak 14 kegiatan, insprisari 3 kegiatan, repleksi 7 kegiatan, kontribusi sosial 1 kegiatan,” kata Wakil Rektor I UNMUHA Dr. H. Fadhlullah, S.H., M.S.

Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) XIII Wilayah Aceh diwakili oleh Kepala Bagian Tata Usaha Drs. M. Najib, M.Pd, dalam sambutannya mengatakan dengan hadirnya program merdeka belajar ini di harapkan seluruh Perguruan Tinggi (PT) dapat mandiri, dengan pertukaran mahasiswa ini tentu sangat baik sekali kita berharap ada kemandirian, cara berfikir diluar kampus bekal kita kedepannya.

“Target pemerintah untuk PMM ini tahun 2024, lebih kurang capaiannya lebih kurang 50 persen dari jumlah mahasiswa, kedepannya ini dapat kita jadikan sebagai salah satu indikator penilaian dalam Akreditasi,” ungkap Drs. M. Najib

Kepada mahasiswa ia berharap pulang membawa kesan- kesan terbaik, dan membawa teman-teman untuk kembali lagi ke Aceh untuk mengikuti proses belajar berikutnya.

Program PMM ini tentunya dari tahun ke tahun akan di evaluasi oleh pemerintah agar muatan mutan yang ada di program ini akan berjalan dengan baik walaupun nanti namanya yang akan berubah ubah.

Drs. M. Najib, M.Pd, menambahkan lagi “Kami sangat berharap kepada Universitas Muhammadiyah Aceh dapat mengirimkan mahasiswanya lebih banyak lagi dimasa masa yang akan datang. Terimakasih kepada Universitas Muhammadiyah Aceh, kami melihat di Aceh hanya di UNMUHA yang paling banyak menerima Mahasiswa PMM ini, dan belum ada Universitas lain yang menerima mahasiswa PMM sebanyak ini, tentu ini satu prestasi, Insya Allah kedepannya tentu Aceh siap menerima lebih banyak lagi mahasiswa PMM ini.”

Rektor Universitas Muhammadiyah Aceh (UNMUHA) Dr. H. Aslam Nur MA menyampaikan para mahasiswa peserta program PMM telah belajar di UNMUHA selama 5 bulan. “Hari ini kita melepas mahasiswa tersebut pulang kedaerah masing-masing untuk bertemu dengan keluarga, dengan kampus tempat belajar dan kami percaya semua akan mengenang UNMUHA.”

Dalam kesempatan tersebut Rektor Universitas Muhammadiyah Aceh menguji mahasiswa PMM2 secara spontan mahasiswa asal Ciribon untuk berbahasa Aceh, serta meminta mahasiswa asal Universitas Muhammadiyah Pontianak untuk menyebutkan dua macam makanan khas Aceh, seluruh mahasiswa dengan spontan ingin menjawab pertanyaan tersebut.

Kemudian H. Aslam Nur membacakan sebuah whatsapp (WA) dari salah satu orang tua mahasiswa PMM2 yang disaksikan langsung oleh Khumaira Hibatillah Yusuf yang isinya “ Assalamuallaikum warahmatullahiwabarakatu, saya orang tua kandung Khumaira Hibatillah Yusuf, terimakasih banyak atas segala layanan dan fasilitas yang di peroleh anak saya selama di UNMUHA Aceh, menjadikan kami sebagai orang tua merasa tenang dan nyaman atas semuanya, ini berdasarkan pantauan kami dari hari pertama hingga saat sekarang ini, jazakallah khair.”

Kami mengucapkan terimakasih banyak terhadap LLDIKTI XIII Wilayah Aceh yang terus memfasilitasi, mendukung seluruh kegiatan UNMUHA dalam program Merdeka Belajar, Kampus Merdeka. Dalam program ini banyak yang kita menangkan salah satunya yang menjadi idola mahasiswa kita disini adalah kampus mengajar, hingga angkatan ke-4 UNMUHA sudah meloloskan 151 mahasiswa, angkatan ke-5 mahasiswa yang sudah diterima 56 orang.

Untuk angkatan PMM kedepan UNMUHA sudah mempersiapkan proposal dan telah di submit (kirim), dan insya Allah kami akam menyambut mahasiswa yang akan datang dari perguruan tinggi di luar Sumatera, karena itu. Dukungan dari LLDIKTI XIII Wilayah Aceh terus kami harapkan dan juga dukungan selama ini kami ucapkan terimakasih.

Terimakasih kepada seluruh panitia yang terlibat di dalam penyambutan mahasiswa PMM2 serta hingga berahir nya masa kuliah mahasiswa tersebut,” tutup Dr. H Aslam Nur MA.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!